in

Tingkatkan Kemampuan Penulisan, Polines Gelar Pelatihan Jurnalistik

Polines gelar pelatihan jurnalistik untuk pengelola web. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Politeknik Negeri Semarang (Polines) melalui Unit Pengembangan Akademik (UPA) Teknologi Informasi (TIK) menggelar pelatihan jurnalistik bagi pengelola website Polines dengan menggandeng narasumber Edhie Prayitno Ige salah satu editor media.

Kegiatan diikuti oleh para pengelola web Polines serta perwakilan mahasiswa Polines. Acara bertempat di Ruang Kelas UPA Bahasa, Gedung Kerjasama, Kampus Polines, Tembalang, Semarang, Selasa (25/06/2024).

Kepala UPA TIK Polines, Helmy, S.T.,M.Eng membuka secara resmi acara ini. Ia menyampaikan, pelatihan ini guna meningkatkan kemampuan penulisan jurnalistik bagi pengelola web polines.

“Jadi hari ini saya mengundang tidak hanya pengelola website saja, namun para kontributor dari masing-masing program studi dan mahasiswa sehingga kedepannya semua pihak yang terlibat bisa menulis dengan baik sehingga dapat menarik pembaca,” katanya.

Edhie Prayitno Ige dalam paparannya menjelaskan, dalam membuat berita perlunya riset dan mengumpulkan informasi dengan cara eksplorasi, seleksi dan organisasi. Ekplorasi yang dimaksud yakni dapat dilakukan penelitian mendalam untuk menemukan fakta, data dan wawasan yang relevan. Selanjutnya seleksi yaitu, pilih informasi yang penting dan menarik untuk ditulis, kemudian organisasi yakni menyusun informasi dengan logis dan sistematis untuk memudahkan pembaca mamahami isi berita.

“Pendapat saya dalam menulis itu harus jujur sehingga tulisan yang kita buat ada rohnya, maksudnya disini adalah pembaca dapat memahami dan menikmati tulisan baik itu berita, novel, cerpen, puisi dan lainnya,” jelasnya.

Ia menambahkan, ada empat jenis topik yang menjadi magnet bagi pembaca di Indonesia. Topik tersebut yang menyampaikan hal terkait sensasi, sensual, drama dan mistis.

“Kalau bicara bidang pendidikan khususnya Polines, tentunya tidak bisa membahas terkait hal mistis, sensasi maupun sensual yang bisa dimasukkan ya polesan drama,” tambahnya.

Pada akhir pelatihan seluruh peserta diminta untuk berkelompok untuk membuat tulisan jurnalistik sekaligus hasil tulisan tersebut di evaluasi langsung oleh narasumber. Kegiatan yang digelar dalam kurun waktu tiga jam ini diharapkan dapat menambah wawasan dan kemajuan pemberitaan Polines. she

Written by Jatengdaily.com

Lestarikan Naskah Kuno, Dinperpusar Demak Gandeng Masyarakat

Dies Natalis Ke-37 USM, Rektor: USM Selalu Berpikir Terbuka dan Adaptif