in

USM Kerja Sama dengan Universitas Teknologi Mara Malaysia

Universitas Semarang (USM) menjalin kerja sama dengan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, baru-baru ini.Foto:dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Universitas Semarang (USM) menjalin kerja sama dengan Universitas Teknologi Mara (UiTM) Malaysia, baru-baru ini.

Naskah kerja sama ditandatangani perwakilan USM yakni Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik USM H Ferry Firmawan PhD dan Prinsipal Kolej Kediaman Tortal Universitas Teknologi Mara, Tuan Haji Izzuan Izzadi Azmi.

Menurut Ferry, kerja sama meliputi aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu juga seminar dan publikasi karya ilmiah.

”Salah satu kegiatan yang sudah dilaksanakan adalah seminar internasional dengan tema ‘National and International Consumer Protection Education’ pada Mei lalu. Ke depan, kami merencanakan menggelar seminar lagi,” ujar Ferry.

Dia mengatakan, dalam program kerja USM, khususnya yang terkait dengan bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dicanangkan beberapa program, di antaranya upaya penelitian diharapkan terfokus kepada bidang-bidang unggulan USM sehingga sumber daya penelitian dapat dimanfaatkan secara efisien dan efektif untuk menghasilkan luaran yang bermanfaat bagi Iptek dan masyarakat.

Selain itu juga laboratorium diharapkan menjadi ujung tombak dalam pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pemikiran tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa sumber daya manusia maupun fasilitas
penelitian berada di laboratorium.

”Laboratorium memiliki segala yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian
masyarakat, sekaligus menjadi wahana pendidikan, terutama bagi mahasiswa yang mengerjakan riset terkait dengan kegiatan studinya melalui konsep kegiatan Lab-Based Education,” ujarnya.

Dia mengatakan, di dalam setiap laboratorium, roadmap penelitian harus terdefinisi jelas dan rinci sehingga
benar-benar mampu mendorong tercapainya pengakuan internasional sekaligus mampu menjawab persoalan nyata di tengah masyarakat, negara, dan umat manusia pada umumnya.

Untuk itu laboratorium dan jurusan didorong untuk lebih mandiri termasuk menjalin hubungan dengan para pemangku
kepentingan, sementara jajaran pimpinan USM akan lebih berfungsi untuk mendukung, memfasilitasi, dan mengarahkan.

”Membuka peluang kerja sama penelitian dengan beberapa institusi riset di luar negeri baik antar perguruan tinggi ataupun antar laboratorium yang pendanaannya bisa dilakukan secara bersama-sama untuk memperkuat jejaring internasional dalam mewujudkan visi USM,” ungkapnya.

Menurutnya, perlu adanya peluang khusus sebagai sarana pembinaan kemampuan menulis makalah ilmiah bagi para peneliti/dosen PTS untuk dipublikasikan pada jurnal atau prosiding seminar internasional yang terindeks.St

Written by Jatengdaily.com

Atasi El Nino, Modifikasi Cuaca Dilakukan Guna Isi 43 Bendungan di Pulau Jawa

Puncak Dies Natalis Ke-25, Fakultas Psikologi USM Dirayakan dengan Syukuran