in

Calhaj Gelombang Kedua Pakai Ihram dari Embarkasi

Ilustrasi. Foto: dok Kemenag

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Para jemaah calon haji gelombang dua mulai diberangkatkan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Surakarta melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Sabtu (20/7/2019). Jemaah haji tersebut tergabung di Kloter 42 hingga Kloter 97 dan berlangsung hingga 5 Agustus.

Calhaj kloter 42 asal Kabupaten Batang berjumlah 358 orang diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah pukul 00.30 WIB. Dilanjutkan kloter 43 jsebanyak 359 orang juga asal Batang diterbangkan pukul 08.20 WIB. Kloter 44 sebanyak 357 orang terbang pukul 10.20 WIB. Total jamaah Embarkasi Surakarta yang sudah diberangkatkan sebanyak 15.772 orang dari rencana 34.940 orang.

Juru Bicara, Humas, dan Protokol PPIH Embarkasi Surakarta, Afief Mundzir mengatakan, Sabtu ini PPIH memberangkatkan empat kloter, sedangkan calhaj kloter 45 asal Kabupaten Pekalongan, dijadwalkan diberangkatkan pada pukul 12.30 WIB.

Dijelaskan, calah gelombang kedua diwajibkan mengenakan pakaian ihram di asrama haji Donohudan. Karena para calhaj tidak ada waktu dan ruang saat pemeriksaan di bandara Jedah, sehingga mereka diwajibkan mengenakan ihram dari Embarkasi di Tanah Air.

Daker Makkah
Sementara itu mulai Sabtu (20/7/2019) PPIH Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Makkah mulai menerima jemaah haji Indonesia yang berasal dari dua penjuru. Pertama, jemaah haji Indonesia gelombang pertama yang diberangkatkan dari Madinah usai menyelesaikan ibadah Shalat Arbain. Kedua, jemaah haji Indonesia gelombang kedua yang diberangkatkan dari embarkasi di tanah air menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, kemudian ke Makkah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Daker Makkah Subhan Cholid. “Mulai Sabtu, 20 Juli 2019, Makkah akan kedatangan jemaah haji dari dua penjuru, yakni mereka yang termasuk gelombang I dari Madinah serta gelombang II yang diberangkatkan dari tanah air langsung ke Jeddah,” ujar Subhan, Jumat (19/7/2019) kemarin.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama,hingga Jumat 19 Juli 2019, pukul 19.00 WAS kemarin, tercatat dari 529 kelompok terbang (kloter) jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Indonesia, 221 diantaranya telah tiba di Arab Saudi dan mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.

Total, sebanyak 90.615 jemaah beserta petugas telah tiba di Madinah, untuk selanjutnya melaksanakan ibadah arbain terlebih dahulu, dan menetap selama delapan sampai sembilan hari sebelum kemudian diberangkatkan menuju Makkah.

“Jemaah yang telah melaksanakan arbain, kemudian bergerak dari madinah menuju Makkah. Tercatat hingga pukul tujuh malam, total hingga hari ke-6 keberangkatan jemaah dari Madinah ke Makkah, sudah ada 73 kloter yang bergerak dari sana. 66 kloter di antaranya sudah tiba di Makkah,” jelas Kasie Data dan Informasi Daker Makkah Nurhanudin seperti dilansir dari laman kemenag.go.id. yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Atletik Rebut Tiga Emas ASG 2019, Medali Indonesia Masih Tertinggal

Persib Tanpa Pemain Andalan, PSIS Tetap Tak Anggap Remeh