Dekan FH Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum menyerahkan sertifikat akreditasi kepada Ketua Program Doktor (S3) Ilmu Hukum Unissula Dr Anis Masdhurohatun SH MH. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com)– Tidak ada dikotomi antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Pasalnya penilaian akreditasi institusi dan program studi (prodi) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), adalah sama, sesuai dengan standar penilaian yang ada.

Fakultas Hukum (FH) Unissula Semarang, bahkan sekelas atau sama dengan FH di Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Universitas Indonesia (UI) Jakarta, terkait dengan akreditasi prodinya.

”Di Indonesia hanya ada tiga universitas, yakni Unissula, Undip, dan UI yang semua prodi-nya terakreditasi A oleh BAN-PT. Ini mencakup empat prodi yang dimiliki di tiga universitas tersebut yang semuanya terakreditasi A, yakni Prodi S1 Ilmu Hukum, Prodi Magister (S2) Ilmu Hukum, Prodi Magister Kenotariatan (MKn) dan Program Doktor Ilmu Hukum,” jelas Dekan FH Unissula, Prof Dr Gunarto SH MHum, Jumat (3/5/2019).

Dia mengatakan, di sela tasyakuran atas diraihnya Akreditasi A Program Doktor Ilmu Hukum. Ini berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh BAN PT No 1230/SK/BAN-PT/SURV-BDG/IV/2019.

Dia merasa bersukur atas capaian ini. Prof Gun pun berpesan, agar para dosen beriman dan jangan berbuat dzolim atau killer dalam hal ini mempersulit mahasiswa. Sebab, berkah dari Allah akan melimpah, kalau kita berbuat baik. Termasuk dalam menjalankan kewajiban dosen, yakni mengajar dan membimbing mahasiswa.

”Akreditasi A ini berkah, dengan cara kita beriman pada Allah SWT, berbuat baik dan tidak mendzolimi yang membutuhkan. Sebab, memang tidak semua perguruan tinggi bisa meraih akreditasi A untuk semua prodi-nya. Mutu ditentukan sesuai standar oleh BANPT, sebagai lembaga independen,” jelasnya. Hadir para dosen dan ketua prodi, termasuk diantaranya Ketua Prodi S1 Ilmu Hukum Kami Hartono SH MH dan Ketua Prodi MKn Dr Akhmad Khisni SH MH.

FH Unissula yang berdiri pada tahun 1963 ini juga membuka international class programme (ICP) pada program S1 Ilmu Hukum. Mahasiswa pada kelas ini datang dari berbagai latar belakang dan memiliki kesempatan luas mengikuti pertukaran mahasiswa di berbagai universitas mitra di luar negeri. Selain itu FH Unisula memiliki berbagai kekhususan antara lain cyber law, pidana, perdata, Hukum Internasional, HTN HAN. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here