Griezmann Kalahkan Lionel Messi

Antoine Griezmann (kiri) bakal berkostum Barcelona musim depan. Foto: twitter FCBarcelona

BARCELONA (Jatengdaily.com) – Barcelona akhirnya mendapatkan pemain idamannya yang diincar sejak setahun lalu, Antoine Griezmann dari Atletico Madrid pada Jumat (12/7/2019) waktu setempat. Barca resmi merekrutnya dengan biaya 120 juta euro (Rp 1,9 Triliun) untuk kontrak lima tahun.

Pemain asal Perancis tersebut bakal mendapatkan uang bersih sebesar 105 juta euro selama lima tahun di Barcelona. Namun ada hal menarik di balik kesepakatan kontrak Griezmann. Klausul pelepassan Griezmann sangat mencengangkan.

Dilansir Marca, nilai klausul pelepasan Griezmann bernilai 800 juta euro (Rp 12,6 triliun) mengalahkan Lionel Messi. Ini lebih mahal 100 juta euro ketimbang klausul pelepasan Messi di Barcelona. Mungkin Barcelona mengambil pelajaran dari kesalahan transfer Neymar ke PSG pada 2017 lalu. Saat itu, PSG mampu membayar klausul kontrak 222 juta euro yang ditetapkan Barcelona untuk Neymar.

Saat ini, Barcelona mulai menaikkan klausul kontrak pemain-pemain mereka. Messi sempat dinaikkan menjadi 400 juta euro sebelum mencapai nilai 700 juta euro.

Di akun resmi twitternya, Barcelona juga sudah mengumumkan masukknya Griezmann. Dikutip dari laman FCBarcelona.com, juga menyebut Barcelona telah membayar klausul pembelian 120 juta euro untuk membebaskan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid. Pemain akan menandatangani kontrak dengan klub barunya untuk lima musim berikutnya, hingga 30 Juni 2024, dengan klausul pembelian 800 juta euro.
“Kami akan segera menerbitkan jadwal lengkap untuk presentasi Antoine Griezmann sebagai anggota baru tim utama Barca,” sebut laman tersebut.

Griezmann, diharapkan akan menjadi seorang bintang untuk lini depan Barca selain Lionel Messi dan Luiz Suares. Griezmann dilahirkan pada 21 Maret 1991 di Macon, Prancis. Striker ini datang ke Barca setelah mengkonsolidasikan dirinya sebagai salah satu pemain sepak bola top di La Liga setelah bermain bersama Real Sociedad dan Atletico Madrid.

Dibuka pada awal oleh klub Basque Real Sociedad, ia menuju ke San Sebastián pada tahun 2005 pada usia hanya 14 setelah memulai karirnya dengan klub lokal Charnay-les-Macon. Ia melakukan debut tim pertamanya pada usia 18 tahun di tahun 2009.

Griezmann adalah salah satu tokoh kunci dalam kembalinya Real Sociedad ke Disis Pertama dari Divisi II. Di Basque Country, ia bermain 202 pertandingan, mencetak 52 gol. Penampilan luar biasa dari pemain Prancis itu membawa kepindahannya ke Atletico Madrid pada musim panas 2014 dengan harga 30 juta euro.

Di Madrid, kemajuan Griezmann membuatnya dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia. Striker itu adalah bagian dari skuad yang menjadi runner-up di Liga Champions pada tahun 2016, tahun di mana ia juga berada di antara tiga besar dalam pertempuran untuk Ballon d’Or.

Bahkan, ia adalah bintang tim Prancis yang mencapai final Kejuaraan Eropa 2016, di mana ia memenangkan Sepatu Emas sebagai pencetak gol terbanyak (enam gol). Ia juga luar biasa untuk tim pemenang Piala Dunia Prancis pada tahun 2018 di Rusia, di mana ia menjadi MVP final melawan Kroasia.

Griezmann dikenal bisa bermain di mana saja di tiga depan meskipun posisinya yang biasa adalah di sayap kiri. Griezmann adalah pemain yang sangat mobile yang dapat mencetak dan juga menciptakan gol. Dia juga sangat cepat dalam serangan balik dan berbahaya dengan tendangannya dari jarak jauh dan dari bola mati. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here