Dampak wabah corona jumlah penumpang kereta api (KA) di Daop IV Wilayah Semarang mengalami penurunan. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Puncak angkutan pra Lebaran dengan moda transportasi Kereta Api (KA) di wilayah Daop IV Semarang, terjadi hari ini, Kamis (30/5/2019) atau H-6. Dengan prediksi volume sebanyak 22.978 penumpang lebih.

Hal ini disebabkan, Daop IV, sebagian besar wilayahnya merupakan daerah tujuan bagi para pemudik, khususnya dari jalur Jakarta dan Jawa Barat umumnya. Ya, sebagian dari pemudik memlih pulang lebih dahulu, bertepatan dengan hari ini yang libur nasional. Demikian dikatakan oleh Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Mohamad Nurul Huda Dwi Santoso.

Mereka biasanya, pemudik yang kesehariannya bekerja di sektor informal atau wiraswasta. Apalagi sejumlah perusahaan swasta juga sudah meliburkan karyawannya. Juga anak-anak sekolah dan mahasiswa yang sudah libur.

”Tahun ini kami memperkirakan akan terjadi peningkatan total volume penumpang sebesar 3,8%, dari 486.841 penumpang di tahun 2018 menjadi 505.498 penumpang pada masa Angkutan Lebaran tahun ini,” katanya.

Sementara untuk pasca lebaran diperkirakan terjadi pada hari Senin, 10 Juni 2019 (H+4) dengan prediksi volume sebanyak 30.141 penumpang.

Untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat pengguna kereta api pada Lebaran Tahun 2019, PT KAI Daop IV Semarang menyediakan 85 perjalanan KA Penumpang dengan kapasitas angkut sebanyak 45.966 penumpang/hari. Termasuk menambah empat KA (8 KA/Pulang Pergi) tambahan yang berangkat dari wilayah Daop IV dengan kapasitas angkut 2.256 penumpang/hari sekali jalan.

Dari sisi pengamanan, pihaknya mengerahkan tenaga keamanan dengan jumlah total sebanyak 615 personil yang terdiri dari tenaga keamanan pegawai KAI (POLSUSKA) sebanyak 119 personil dan tenaga keamanan non pegawai KAI sebanyak 496 personil. Sebanyak 119 anggota POLSUSKA akan melaukan pengawalan selama perjalanan kereta api dan juga melakukan pengamanan di stasiun maupun sepanjang jalur KA.

PT KAI Daop 4 Semarang juga menjamin layanan kesehatan penumpang selama Angkutan Lebaran 2019 berlangsung dengan mengerahkan tenaga kesehatan yang terdiri dari 6 orang Dokter dan 16 orang tenaga paramedis yang merupakan pegawai KAI. Selain itu juga menambah 4 orang Dokter dan 26 orang tenaga paramedis yang merupakan tenaga bantuan dari luar PT KAI. Sebanyak 52 personil kesehatan tersebut di tempatkan di 6 Pos kesehatan yang berada di Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Semarang Poncol , Ngrombo dan Cepu.

Sarana penunjang lainnya yang disiapkan diantaranya 1 unit Ambulance Stand by di Stasiun Semarang Tawang, serta 5 unit Ambulance On Call (Tegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Ngrombo, Cepu). Selain itu, pihak PT KAI Daop IV juga telah bekerja sama dengan 29 Rumah sakit yang tersebar dari Tegal hingga Cepu. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here