Karhutla di Gunung Sumbing, Masih Ada Dua Titik Api yang Belum Padam

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di Gunung Sumbing, Temanggung, Jawa Tengah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah menyatakan masih ada dua titik api yang belum dipadamkan dalam kebakaran di Gunung Sumbing.

“Sekarang masih nyala di Desa Banaran. Tensi masih kecil hanya dua titik. Saya kemarin ke sana,” kata Kepala BPBD Jawa Tengah, Sudaryanto, Kamis (24/9/2019).

Untuk memadamkan titik api di sana, BPBD membuat dua tim relawan gabungan yang terdiri 14 anggota. Masing-masing tim bertanggungjawab memadam satu titik api. “Setiap hari dikirim 14 relawan di masing-masing titik api,” jelas Sudaryanto.

Menurut Sudaryanto, dalam melakukan pemadaman api di Gunung Sumbing, relawan juga mendapat tambahan tenaga dari tim yang baru selesai memadamkan kebakaran di Gunung Sindoro. Kebetulan, kedua gunung ini memiliki jarak yang cukup berdekatan. “Yang jelas di Sumbinb, api masig nyala, belum padam,” ujar Sudaryanto menegaskan.

Sudaryanto menambahkan di Jateng, beberapa gunung memang sempat mengalami kebakaran. Selain Sumbing, kebakaran juga terjadi di Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu.

“Kalau Gunung Slamet lumayan padam. Tinggal bara, hari ini didatangi lagi untuk dimatikan. Sindoro kemarin sudah selesai. Merbabu masih nyala di tebing, mudah-mudahan hari ini selesai,” ungkap Sudaryanto. adry-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here