in

Sakit Stroke, Seorang Calon Haji Batal Berangkat

Bupati Semarang Mundjirin melepas pemberangkatan calon haji asal Kabupaten Semarang dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang menuju asrama haji Donohudan, Selasa (30/7/2019). Foto : Budhi.

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Mukaromah, seorang calon haji asal Tuntang, Kabupaten Semarang batal berangkat menuju asrama haji Donohudan bersama calon haji asal Kabupaten Semarang lainnya, Selasa (30/7/2019). Karena perempuan berusia 82 tahun tersebut tengah menderita sakit stroke.

‘’Ibu Mukaromah tidak bisa berangkat karena sakit stroke. Tapi kita usahakan bisa berangkat bergabung dengan kloter sapu jagat (kloter 96). Kloter sapu jagat dijadwalkan masuk asrama haji Donohudan tanggal 4 Agustus 2019,’’ ungkap Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Semarang, Taufiqurrahman usai pelepasan pemberangkatan 355 calon haji asal Kabupaten Semarang oleh Bupati Semarang dr Mundjirin di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang.

Taufiqurrahman menyebutkan, total jumlah calon haji asal Kabupaten Semarang yang akan berangkat ke tanah suci Mekah sebanyak 619 orang karena ada tambahan 2 orang masuk kloter sapu jagat. Mereka terbagi dalam kelompok terbang (kloter) 81, kloter 82, kloter 83 dan kloter 96.

‘’Kalau memang ibu Mukaromah batal berangkat ke tanah suci, maka pemberangkatannya ditunda,’’ ujar Taufiq, panggilan akrab Taufiqurrahman.

Seorang calon haji berpelukan dengan anggota keluarganya sesaat sebelum berangkat menuju asrama haji Donohudan. Foto : Budhi.

Taufiq mengungkapkan, sebanyak 355 calon haji yang diberangkatkan menuju asrama haji Donohudan hari Selasa (30/7/2019) meliputi kloter 81 sebanyak 3 orang dan kloter 82 berjumlah 352 orang. Mereka berasal dari Ungaran Barat, Ungaran Timur, Bergas, Pringapus, Bawen, Banyubiru, Jambu, Ambarawa, Bandungan, Sumowono.

‘’Para calon haji dijadwalkan masuk asrama haji Donohudan pukul 13.00 WIB. Kemudian disusul calon haji yang tergabung kloter 83 gabungan dari Kabupaten Semarang dan Kota Semarang yang dijadwalkan masuk asrama haji Donohudan jam 16.00 WIB,’’ ungkapnya sembari calon haji yang tergabung kloter 83 sebanyak 227 orang, sedangkan kloter sapu jagat sebanyak 31 orang.

Sementara itu, Bupati Semarang Mundjirin mengatakan sebelum berangkat ke tanah suci para calon haji sudah mendapat pelatihan manasik haji. Dia mendoakan para calon haji selamat dan sehat saat berangkat menuju Donohudan sampai tanah suci.

‘’Mudah-mudahan jamaah haji dapat menunaikan ibadah haji yang wajib maupun sunnah dengan khusyuk. Semoga mereka kembali dari tanah suci ke desanya masing-masing dengan selamat dan sehat,’’ kata Mundjirin usai melepas para calon haji.

Menurut Mundjirin, dari 355 orang calon haji ada tiga orang yang memakai bantuan kursi roda. Diperkirakan calon haji bersangkutan saat mendaftar kondisinya sehat, tapi ketika mau berangkat ke tanah suci kesehatannya menurun.

‘’Ya maklum karena mereka sudah lama daftar, mungkin pas mendaftar masih sehat namun sekarang sudah tua dan sudah tidak sehat seperti dulu lagi,’’ ujarnya. rus-yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Panpel PSIS Kembali Turunkan Harga Tiket

Ferguson Yakin Evra dan Giggs Bakal jadi Pelatih Hebat