Para wakil rektor Unissula saat menerima mahasiswa baru dalam Pekan Taaruf Mahasiswa Baru tahun akademik 2019/2020 Unissula. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Generasi milenial, dituntut untuk mampu menguasai teknologi di era revolusi industri 4,0. ”Oleh karenanya, kami mendorong mahasiswa kami, untuk memiliki sertifikasi keahlian digital, sebagai pendamping ijazah, saat lulus. Sertifikasi ini, terkait dengan kemampuan penguasaan IT sebagai pendamping dari ilmu yang dipelajarinya,” jelas Wakil Rektor I Unissula, Bedjo Santoso MT PhD, Senin (2/9/2019).

Dia mengatakan hal itu saat menerima mahasiswa baru dalam Pekan Taaruf Mahasiswa Baru tahun akademik 2019/2020 Unissula, yang berlangsung 2-5 September. Adapun jumlah mahasiswa yang diterima adalah 3.730 orang pada 11 fakultas. Dari jumlah itu, tercatat juga mahasiswa dari luar negeri, yakni dari Tailand, Mesir, Brasil, dan Siria.

Dalam taaruf mahasiswa baru dikenalkan dengan dekan, dosen dan pimpinan universitas, sosialisasi tentang perkuliahan, pengenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dan lainnya.

Lebih lanjut Bedjo Santoso mengatakan, kejujuran itulah yang ditanankan dalam nilai-nilai ke-Islaman. Mahasiswa baru juga akan masuk pesantren dengan konsep boarding pesantren di lingkungan kampus. Strateginya menyongsong generasi digital dengan sertifikasi keahlian. ”Intinya, menyiapkan kemampuan mahasiswa yang di-back-up dengan keahlian digital,” katanya.

Ditambahkan Wakil Rektor III, Muhammad Qomaruddin ST MSc PhD, tantangan bagi mahasiswa baru, di era revolusi industru 4,0 adalah kompleks. Oleh karenanya harus smart (cerdas, pintar, dan bijak) untuk mengikuti lajunya perkembangan Iptek.

”Kita harapkan mahasiswa betul-betul mampu bersaing. Sehingga harus dipersiapkan dengan smart, termasuk harus menjadi generasi khaira ummah cirinya beriman kepada Allah yang punya karakter baik dan jujur. Sebab dari sejumlah penelitian, keberhasilan individu kebanyakan disebabkan oleh kejujurannya,” jelasnya.

Acara juga dimeriahkan dengan parade budaya yang menampilkan drama Sultan Agung dan tari dengan mengenakan kostum yang mewakili budaya luhur dari berbagai daerah Nusantara, yang dibawakan mahasiswa Unissula. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here