Menhub sidak kesiapan Lebaran di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Foto: she

SEMARANG (Jatengdaily.com) -Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Minggu (5/5/2019) siang, melakukan pengecekan kesiapan moda transportasi laut, untuk mudik dan balik pada Lebaran tahun ini, di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang.

”Saya ke Pelabuhan Tanjung Mas untuk memastikan mudik yang lewat laut berjalan dengan baik. Kita tahu beberapa kota di pantai Kalimantan kalau ke Jawa masyarakatnya, menggunakan kapal. Misalnya, dari Sampit, Kumai, Pontianak, dan lainnya. Oleh karena itu saya minta operator yang punya kapal, kapalnya dicek supaya aman,” jelasnya.

Komunikasi berkaitan dengan tiketing, juga. ”Tolong pelabuhan bisa menginformasikan ke masyarakat agar kapan, waktu, dan berapa harga tiket kapal bisa diketahui masyarakat. Karena saya menemukan di Kalimantan, komunikasi tidak clear, sehingga warga datang ke pelabuhan tidak tahu pemberangkatan kapal,” jelasnya

Pemerintah melihat pergerakan perjalanan atau arus mudik via darat dari Jakarta ke Jateng besar, maka sejak tahun lalu ada mudik gratis dengan kapal.

”Tahun ini kami meyediakan 24.000 mudik gratis dari Jakarta ke Semarang dan sebaliknya dengan kapal laut. Dengan rincian, 12.000 tempat duduk gratis dari Jakarta ke Semarang. Dan 12.000 tiket gratis juga dari Semarang ke Jakarta untuk balik,” jelasnya.

Mudik dengan kapal, juga pemudik bisa membawa motornya untuk dibawa mudik dengan kapal. ”Jadi mengurangi jalur darat yang padat, juga lebih enak dan aman kalau naik kapal,” jelasnya.

Menhub juga memerintahkan kami Pelindo III dan Pemda untuk menyediakan dan mengadakan bus untuk mengangkut pemudik dari Tanjung Mas ke tempat terdekat, misalnya terminal. ”Sehingga pemudik tak perlu naik angkutan, seperti ojek, grab atau lainnya. Menambah biaya, dan mereka juga kasian, tidak tahu kondisi lapangan,” jelasnya.

Menhub juga memerintahkan polisi untuk menjaga keamaan. Termasuk dari tangan jahil, calo-calo di pelabuhan. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here