in

MKn Unissula Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan ke-PPAT-an

SEMARANG (Jatengdaily.com) -Untuk menyiapkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkiprah dalam pembuatan akta dan surat berharga, maka, proses perkuliahan lebih banyak ke praktek. Komposisinya, 30 persen teori dan 70 persen praktek. Demikian dikatakan oleh Ketua Program Studi Magister (S2) Kenotariatan (MKn), Fakultas Hukum (FH), Unissula Semarang, Dr Akhmad Khisni SH MH, Sabtu (6/7/2019), dalam pelatihan ke PPAT-an bagi mahasiswanya.

Salah satu yang dilakukan adalah pelatihan ke-Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)-an, praktek pemahaman pembuatan akta ke PPAT-an dan peraturan perundangan terbaru terkait akta ke PPAT-an yang diberikan kepada mahasiswanya.

Dengan menghadirkan nara sumber, Erna Ermiyati tenaga ahli dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional. Pelatihan diikuti mahasiswa semester III yang sifatnya wajib. Juga diikuti mahasiswa semester I dan II.

Tujuan pelatihan ini menurutnya adalah menyiapkan lulusannya, agar bisa mengikuti ujian PPAT. Sehingga dengan pembekalan supaya kalau ujian PPAT banyak yang lulus. ”Selama ini, di Jateng, kalau ada ujian PPAT, mahasiswa kami banyak yang lulus,” jelasnya.

Mengapa mengedepankan praktek, menurutnya, supaya kalau lulus, mahasiswanya sudah berpengalaman untuk berkiprah di bidangnya. Di satu sisi, dalam pola pembelajaran tidak hanya dari akal saja, namun juga spiritual.

Pola pembelajarannya pun berbeda dengan MKn lain, karena ada materi akta syariah, perbankan syariah, Islamic word view, Islamic hukum Islam, dan epitomologi Islam

MKn Unissula merupakan satu-satunya MKn yang terakreditasi A dari 19 perguruan tinggi swasta (PTS) penyelenggara MKn, di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, baru lima Prodi MKn yang terakreditas A, yakni MKn Unissula, dan yang empat dari perguruan tinggi negeri (PTN) yakni UI Jakarta, Undip Semarang, UGM Yogyakarta, dan Udayana Bali.

”Oleh karenya, sering jadi rujukan dari penyelenggara MKn PTS se-Indonesia. Apalagi kami juga sudah membuat jurnal elektronik bagi dosen dan mahasiswa,” jelasnya. she

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

10 Gugatan Praperadilan Perkara Korupsi Mangkrak, Baru 3 yang Jalan

Melly Goeslaw Katakan Cinta untuk Soundtrack Film Habibie & Ainun 3