in

Pejabat Eselon II Pemkab Semarang Bakal Dimutasi Antarjabatan

Gunawan Wibisono, Sekda Kabupaten Semarang. Foto : Budhi

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Pejabat eselon II atau setingkat kepala dinas bakal dimutasi menyusul adanya kekosongan 5 jabatan eselon II di lingkungan Pemkab Semarang. Sebanyak 18 pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) mengikuti job fit (uji kesesuaian) atau assessment yang digelar oleh Panitia Seleksi (pansel) jabatan pimpinan tinggi pratama Kabupaten Semarang.

‘’Mutasi pejabat eselon II dilakukan karena ada beberapa pejabat pimpinan tinggi pratama di Kabupaten Semarang yang pensiun. Jabatan eselon II yang kosong meliputi Kepala Disdikbudpora, Kepala Dispermasdes, Kepala Disnaker, Kepala Diskumperindag dan Sekwan. Kepala Disdikbudpora dan Kepala Dispermasdes pensiun tahun 2018, sedangkan Kepala Disnaker pensiun bulan Mei 2019, kemudian Kepala Diskumperindag dan Sekwan (sekretaris dewan) purna tugas Juni 2019,’’ ungkap Sekda Kabupaten Semarang yang juga Ketua Panitia Seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama Kabupaten Semarang, Gunawan Wibisono di ruang kerjanya, Jumat (24/5/2019).

Menurut Wibisono, adanya kekosongan 5 jabatan eselon II ini harus segera diisi. Pengisian kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama melalui mekanisme mutasi antar jabatan pimpinan tinggi pratama yang ada.

‘’Pengisian jabatan kosong ada dua cara, yakni mutasi antar pejabat pimpinan tinggi pratama yang ada atau seleksi terbuka. Sesuai kebijakan Pak Bupati untuk segera diisi melalui mekanisme mutasi antar pejabat pimpinan tinggi pratama,’’ kata Soni, panggilan akrab Gunawan Wibisono.

Mutasi pejabat eselon II, tambahnya, mendasari PP PP No 11 Tahun 2017 tentang manajemen ASN. Mutasi tersebut sudah mendapat persetujuan dari Komisi Apatur Sipil Negara (Komisi ASN).

‘’Kita sudah memproses persetujuan Komisi ASN untuk melakukan mutasi. Kalau mutasi dilakukan job fit (uji kesesuaian) atau assessment oleh pansel,’’ katanya sembari menyampaikan assessment dilaksanakan tiga hari mulai Kamis (23/5/2019) sampai Sabtu (25/5/2019) .

Soni menjelaskan, pejabat eselon II peserta job fit diseleksi yang memenuhi persyaratan. Sebab pejabat eselon II yang belum menduduki jabatan dua tahun tidak boleh dimutasi. ‘’Makanya ada beberapa pejabat yang belum dua tahun menjabat tidak ikut, seperti Kepala BKD, Kepala Disparta, Kepala Dinas Pertanian, dan Kepala Dishub. Total ada 18 pejabat eselon II yang ikut assessment,’’ bebernya.

Menurut Soni, anggota pansel dari internal Pemkab Semarang dan eksternal. ‘’Internal Sekda dan Kepala BKD, sedangkan eksternal dari unsur akademisi dan tokoh masyarakat. Insyaallah habis lebaran sudah ada pelantikan,’’ ujarnya.

Soni mengakui, setelah mutasi nanti masih ada jabatan eselon II yang kosong. Kekosongan jabatan sementara akan diisi oleh Pelaksana tugas (Plt). ‘’Tapi setelah pengisian tahap pertama, kekosongan jabatan eselon II yang kosong kita isi melalui seleksi terbuka,’’ pungkasnya. rus-yds

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Stok Pangan di Jateng sampai Lebaran Aman

Ramadan, Berburu Berkah Lewat Aksi Donor Darah