Pemudik Nataru Masih Favoritkan Kereta Api

Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan. dok.kemenhub

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Para pemudik Natal dan Tahun Baru 2020 (Nataru), masih menjadikan kereta api sebagai moda favorit. Sehingga angkutan transportasi ini masih akan padat dalam melayani paa pemudik.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui moda kereta api masih menjadi moda favorit pilihan masyarakat pada liburan Angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Menhub mengatakan memang terdapat jumlah penurunan jumlah penumpang KA sekitar 6-8 persen pada dua hari terakhir di tahun ini, dibandingkan hari yang sama pada tahun lalu.

“Tapi itu untuk penumpang kereta jarak pendek yaitu ke Cirebon, Pekalongan. Tetapi kalau kereta jarak jauh seperti Jakarta-Solo, Jakarta-Jogja tetap padat. kita masih lihat datanya sampai 1 minggu kedepan,” jelas Menhub di Jakarta, seperti dikutip laman kemenhub.go.id Minggu (22/12/2019).

Menhub Budi menyatakan penurunan penumpang kereta api diduga karena antusiasme masyarakat yang ingin mencoba perjalanan melalui tol Elevated Jakarta – Cikampek. Menhub mengatkan berdasarkan riset dari Badan Litbang Perhubungan, dari 2500 responden, 48 persennya mengatakan akan melakukan perjalanan pada saat Libur Natal dan Tahun Baru menggunakan mobil.

“Masyarakat yang tadinya libur memakai kereta api sekarang mencoba lewat tol. Kalau lebaran kan yang paling penting sampai langsung di kampung halaman, tetapi kalau sekarang ini liburan. Misalnya tujuan ke Solo, ingin mampir-mampir dulu ke Cirebon, Semarang, dan sebagainya,” jelasnya.

Dirinya juga meminta agar PT. KAI memperhatikan hal – hal pelayanan yang lebih mendetail seperti bangku yagn lebih lebar, bersih, lebih mudah membeli tiket, dll. Selain itu, Menhub juga menilai ketepatan dan manajemen waktu telah menjadi bagian yang penting dilakukan oleh perjalanan kereta api. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here