Pengarep, Edukasi Kamseltibcarlantas Sejak Dini

Kasat Lantas Polres Demak Nyi Ayu Fitria Facha saat memberikan edukasi tentang kamseltibcarlantas kepada santri-santri Ponpes Alhadikiyah Desa Ngelokulon Mijen dalam kegiatan Pengarep. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Upaya memberikan edukasi pada masyarakat mengenai keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran berlalulintas (kamseltibcarlantas) intensif dilakukan Satlantas Polres Demak. Salah satunya melalui kegiatan ‘Pengaosan Sareng Polisi’ atau Pengarep, yang menggandeng pula jajaran Binmas Polsek dengan menyasar kalangan pesantren.

Kapolres Demak AKBP R Fidelis Purna Timoranto didampingi Kasat Lantas Polres Demak AKP Nyi Ayu Fitria Facha menyampaikan, ‘Pengarep’ adalah ide gagasan Kanit Binmas Polsek Mijen Aipda Amir dalam rangka memberikan edukasi tentang kamtibmas termasuk kamseltibcarlantas kepada masyarakat melalui kegiatan pengajian. Selain sebagai singkatan, ‘Pengarep’ dapat pula diartikan doa atau hal yang terdepan.

“Seperti diketahui, Demak Kota Wali adalah kabupaten dengan ribuan pondok pesantren. Maka pendekatan dari hal-hal yang menjadi tradiai atau budaya seperti pengajian diharapkan bisa menjadi media mengedukasi masyarakat, utamanya terkait program-program Polri,” kata Nyi Ayu, Minggu (15/12/2019).

Hadir pada kegiatan yang mengundang 200 santri Ponpes Alhadikiyah Desa Ngelo Kulon Mijen itu, sejumlah tokoh ulama dan tokih masyarakat setempat. Termasuk Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Mijen Kyai Sofyan Duri, Ustad Abdur Rozak, serta tentunya anggota Polsek Mijen.

Kesempatan bertemu kalangan santri pun dimaksimalkan Kasat Lantas Nyi Ayu untuk menyapa para santri dan menyampaikan pendekatan dengan memberikan pemahaman tetang aturan tata tertib berlalu lintas sejak dini. Selain itu juga pengenalan tugas-tugas kepolisian, sehingga menambah wawasan anak dalam aturan berlalu lintas. Di samping tentunya semakin menjadikan bersahabatnya anak-anak dengan Polisi.

Gayung bersambut, para santri pun merespon positif dan terlihat gembira menerima kedatangan jajaran Sat Lantas Polres Demak. Mereka begitu semangat mengikuti kegiatan dan memperhatikan pesan edukasi lalu lintas yang disampaikan oleh Kasat Lantas Nyi Ayu Fitria Facha yang memang berparas cantik itu.

Disebutkan pula, ‘Pengarep’ akan digencarkan ke pondok pesantren – pondok pesantren di wilayah Demak. Dengan harapan para santri memahami aturan tata tertib berlalu lintas sejak usia dini, sehingga kedepan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas dan menciptakan kamseltibcarlantas di wilayah Demak. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here