Ilustrasi, ASN Pemprov Jateng sedang istirahat, di sela kerjanya. Foto: Ody

JAKARTA (Jatengdaily.com)– ┬áSekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji menegaskan, ┬ápemerintah belum memiliki rencana untuk memberlakukan sistem empat hari kerja bagi PNS atau ASN. Praktis, adanya wacana yang menyatakan, Jumat libur, hal ini tidak!

Hal sebaliknya, menurutnya, saat ini pemerintah justru berusaha memperkuat dan meningkatkan kinerja ASN. Hal ini dilakukan dengan menerapkan PP No. 30/2019 tentang Penilaian Kinerja PNS. “Kami sedang fokus untuk menggalakkan PP 30/2019 agar sistem manajemen kinerja ASN lebih komprehensif,” jelasnya.

Dalam PP tersebut, penilaian kinerja PNS dilaksanakan dalam suatu sistem manajemen kinerja PNS. Sistem ini mengatur mulai dari perencanaan kinerja; pelaksanaan, pemantauan, pembinaan kinerja; penilaian kinerja, tindak lanjut berupa reward punishment; dan sistem informasi kinerja PNS.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, juga memastikan, tak ada lagi pengurangan jam kerja pegawai negeri sipil ( PNS). Tjahjo Kumolo menilai, PNS Indonesia sudah terlalu banyak libur.

“Jangan kebanyakan libur. Sabtu, Minggu sudah libur kok. Mosok minta tambahan. Sabtu-Minggu sudah cukup,” ujar Tjahjo Kumolo di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Selain itu, kata Tjahjo Kumolo, sudah banyak hari-hari libur yang didapatkan para PNS. Mulai dari hari raya, izin menikah, izin hamil, izin sakit, hingga izin beribadah.

Sebagai data pembanding, pemerintah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2019 sebanyak 20 hari. Perinciannya hari libur nasional 16 hari dan cuti bersama 4 hari untuk Idul Fitri 1440 Hijriah dan Natal. Demikian juga untuk 2020, pemerintah melalui Kementerian Agama, Kementarian Ketenagakerjaan, dan Kementerian PAN-RB pada akhir Agustus lalu telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama selama 20 hari. She

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here