Tim Buletin Speduga dari SMP Negeri 23 Semarang bersama guru berfoto bersama saat meriah juara 1 lomba karya jurnalistik tingkat SMP se Kota Semarang di Kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang. Foto: ody

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Perasaan bangga diperlihatkan tim jurnalistik SMP Negeri 23 Semarang saat di umumkan sebagai Juara 1 dalam Lomba Karya Jurnalistik Sekolah (LKJS) 2019 tingkat SMP se-Kota Semarang di Kantor Dinas Pendidikan Kota Semarang, Rabu, (16/10/2019) sore.

Lomba buletin yang digawangi oleh tiga siswa yakni Armenia Rahma Aulia, Salwa Amanda Khoirunnisa dan Amara Septiani mampu menjadi yang terbaik dari jumlah peserta 49 tim atau sekolah yang ikut menjadi peserta.

“Kami tidak menyangka bisa menjadi yang terbaik dalam lomba jurnalistik tahun ini,” kata Salwa panggilan akrabnya.

Menurutnya, untuk persiapan pembuatan buletin sendiri yang dinamakan Buletin Speduga (Buletin SMP 23) ini dilakukan selama satu minggu. Mulai dari rapat redaksi untuk penentuan bahan peliputan, dilanjutkan wawancara dengan nara sumber serta proses editing dan layout.

“Alhamdulillah, dengan persiapan yang semaksimal ini dapat meriah yang terbaik. Juara ini kami persembahkan untuk sekolah, siswa dan keluarga kami,” kata Amara salah satu tim.

Sementara Hapsari Nurcahyani SPsi guru pembimbing Buletin Speduga mengaku, kaget anak didiknya bisa menjadi juara pertama dalam lomba jurnalistik 2019.

Sebelumnya, ada tiga tahap yang dilakukan untuk masuk ke babak final yang dipilih oleh juri sebanyak 20 tim atau sekolah. Pertama, sekolah diminta untuk membuat karya jurnalistik dengan jumlah tiga orang siswa dalam satu tim yang dikumpulkan pada tanggal 10 Oktober. Dilajutkan 14 Oktober diumumkan sebanyak 20 tim yang lolos ke final.

“Untuk final hari ini, alhamdulillah siswa kami bisa menjadi juara. Saya mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya,” ujarnya.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Semarang Sutarto sebelum penutupan menyampaikan, selamat bagi para pemenang.

“Untuk yang belum menang, bisa mengikuti lomba karya jurnalistik di tahun depan. Kami sebagai penyelenggara tiap tahunnya mengadakan lomba jurnalistik,” katanya.

Lomba tahun ini yang bertemakan “Menyiapkan Generasi Abad 21 Menuju SDM Unggul Indonesia Maju” ini merupakan kegiatak LKJS 2019 yang ke tiga kali.

“Kami berharap, lomba ini menjadi motivasi dan meningkatkan anak-anak untuk bisa berkarya melalui bidang jurnalistik,” harapnya.

Sementara itu, juara 2 LKJS 2019 diraih oleh SMP IT PAPB Semarang disusul juara 3 diraih oleh SMP Negeri 38 Semarang. ody-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here