in

Unissula Dorong Mahasiswa & Dosen Manfaatkan Kecanggihan Teknologi untuk Riset

REKTOR: Rektor Unissula Prabowo Setiyawan (lima dari kanan) dan sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)-Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern dipastikan membuka banyak peluang dan rupa-rupa keberhasilan. Diantaranya untuk mendorong penelitian atau riset dosen dan mahasiswa. Demikian dikatakan oleh Rektor Unissula Ir Prabowo Setiyawan MT. Dan untuk mempertemukan hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa tersebut, menurut rektor, sejumlah perguruan tinggi (PT) telah melakukan konferensi nasional yang berlangsung baru-baru ini di kampus Unissula, Jalan Kaligawe.

Dalam konferensi nasional bertajuk Seminar Nasional Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 1, itu juga didukung oleh 15 universitas swasta sebagai co-host untuk mempertemukan hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa.

Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Kemahasiswaaan Dirjen Dikti Dr Misbah Fikrianto pun mendorong mahasiswa memanfaatkan kecanggihan teknologi dewasa ini.

Sebab teknologi modern dipastikan membuka banyak peluang dan rupa-rupa keberhasilan. “Ponsel pintar yang dimiliki mahasiswa jangan sekadar untuk memantau media sosial melainkan juga untuk kepentingan positif. Misalnya untuk menjalankan wirausaha berbasis elektronik dan sebagainya,” ungkap Misbah.

Misbah juga menyebutkan revolusi industri 4.0 harus dimanfaatkan para mahasiswa dengan kreatif untuk memperoleh manfaat positif. Pihaknya yakin bahwa mahasiswa yang penuh kreativitas juga akan mengharumkan nama almamater. Sebaliknya, dia mengingatkan mahasiswa yang tidak kreatif akan tertinggal. Tidak ada pilihan di era ini kecuali semakin banyak berinovasi, ” tambah Misbah.

Rektor Prabowo menambahkan, ke depan riset dan publikasi menjadi sesuatu yang sangat strategis bagi institusi perguruan tinggi. Konferensi ini diselenggarakan sebagai upaya menyediakan forum teknis dan diskusi penelitian yang berkaitan dengan kemajuan dunia akademik Indonesia. Konferensi ini juga bertujuan mempertemukan para peneliti, akademisi, ilmuwan, mahasiswa, dan praktisi untuk berpartisipasi dan mempresentasikan temuan penelitian terbaru mereka. Selain itu juga dilakukan perjanjian kesepahaman dengan 15 universitas yang menjadi co-host dalam kegiatan tersebut. she

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Ustaz Arifin Ilham Meninggal

Internet Segmen Rumahan Permudah Bisnis Keluarga