Mahasiswa Asing Kuliah di Prodi MM Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)–Sedikitnya 24 mahasiswa asing studi di Program Studi (Prodi) Magister Manajemen (MM), Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Universitas Diponegoro (UNDIP). Mereka diterima pada semester Ganjil tahun ajaran 2020/2021 ini.

Tercatat sudah lebih dari 10 tahun PRodi MM UNDIP menerima mahasiswa asing (luar negeri). Dari tahun ke tahun, animo mahasiswa asing untuk belajar di MM UNDIP mengalamai peningkatan.

”Untuk tahun ajaran baru 2020/2021 semester ganjil ini, 24 mahasiswa asing tercatat diterima di Prodi MM UNDIP, yang merupakan salah satu program S2 di lingkungan Universitas Diponegoro Semarang. Jumlah mahasiawa asing semester ini meningkat dari tahun sebelumnya. Mereka berasal dari berbagai negara. China, Thailand, negara-negara Afrika, Uzbekistan, Afghanistan, Timor Leste, Madagaskar, dan sejumlah negara lain,’’ kata Sekretaris Prodi Bidang Akademik MM UNDIP, Mirwan Surya Perdhana PhD, Kamis (22/10/2020).

Menciptakan suasana multikultural sangat penting guna mendukung terciptanya lulusan yang andal dan dapat bersaing di kancah internasional. Di era globalisasi, tuntutan untuk dapat bekerja sama dengan rekan kerja maupun mitra bisnis yang berasal dari budaya dan negara yang berbeda sangat tinggi.

Dengan suasana pembelajaran yang multikultural, mahasiswa secara natural akan menghargai perbedaan yang dapat meminimalisir potensi konflik dan kesalahpahaman ketika berinteraksi dengan orang yang berasal dari budaya atau negara yang berbeda.

Di bawah bimbingan para tenaga pengajar tetap yang terdiri dari Guru Besar (Profesor), Doktor , dan Dosen Praktisi dari dunia usaha, serta Koordinator konsentrasi mata kuliah yang semuanya bergelar Doktor, mahasiswa lokal dan asing di Prodi MM UNDIP digembleng untuk menjadi manajer yang andal.

Prodi MM UNDIP mendidik mahasiswa untuk memilki kemampuan konseptual, analitis, sintesis, manajerial dan praktis dalam mengembangkan dan membuat kebijakan bisnis. Sehingga, mereka mampu menghadapi tantangan perubahan baik skala nasional, regional dan internasional. ‘’Kita menyiapkan mereka menjadi manajer yang andal, dan mampu berkiprah di era global ini,’’ jelasnya.

Tidak dipungkiri, keberadaan mahasiswa asing menurutnya, juga meningkatkan penilaian untuk akreditasi fakultas maupun universitas.

Adapun pendaftaran mahasiswa Prodi MM telah dilakukan melalui seleksi yang ketat. Meliputi penilaian terhadap ijazah S1, kemampuan berbahasa Inggris dan Indonesia, dan pengetahuan yang memadai mengenai manajeman dan bisnis. she