Bareng PMI, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Gelar Donor Darah

Dnor darah mahasiswa KKN UIN Walisongo di Desa Dermasuci Kab. Tegal. Foto: dok

TEGAL (Jatengdaily.com) – Kelompok 115 Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah 75 Universitas Islam Negeri Walisongo (KKN RDR 75 UIN Walisongo), bersama PMI Kab. Tegal mengadakan kegitan donor darah di Balai Desa Dermasuci Kab. Tegal (20/10/2020).

Kooodinator kelompok 115 KKN, Rizal Muhaimin menyatakan tujuan diadakan donor darah untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat Desa Dermasuci, sekaligus membantu tersedianya stok darah di PMI Kab. Tegal.

“Mengingat pernah kejadian warga desa yang kekurangan darah akibat melahirkan tetapi tidak ada yang mendonorkan darah baik keluarga maupun saudara. Dengan diadakan donor darah ini salah satu cara agar masyarakat sekitar tidak takut lagi untuk menolong saudaranya ketika membutuhkan dengan mendonorkan darah,” tambahnya.

Pihak PMI, Ibu Debby mengungkapkan bahwa kondisi tersedianya stok darah di PMI Kab. Tegal sangat kurang dibanding kebutuhan di rumah sakit.

“Memang dengan kondisi pandemi ini para pendonor darah juga menurun sekaligus perbandingan kebutuhan rumah sakit dengan stok darah di PMI Kab. Tegal masih jauh, umumnya perbulan membutuhkan 1.500-an kantong sedangkan stok darah masih kurang 1.000 kantong di PMI Kab. Tegal,” tuturnya.

Ibu Debby juga menyatakan merasa terbantu dengan adanya kegiatan donor darah di Desa Dermasuci.

“Kegiatan yang dicetuskan oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo sangat membantu tersedianya stock darah di PMI, saya juga berharap kegiatan kegiatan donor darah ini dapat berlanjut dan bekerjasama secara rutin di Desa Dermasuci” tambahannya.
Penulis: Naeli Nur HIkmah-yds