Dianggap Gaptek, Guru PAI Buktikan Terdepan dalam IT

0
155
Hery Nugroho (Sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah) berfoto bersama dengan Kepala Kankemenag Kab. Blora, Kabid GTK, Kabid Diknas Dinas Pendidikan Kab. Blora, Ketua Pokjawas PAI, dan Ketua DPD AGPAII Kab. Blora.Foto-dok

BLORA (Jatengdaily.com) – Selama ini ada persepsi bahwa Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) gaptek teknologi. Persepsi tersebut dijawab dengan langkah konkret oleh Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) dengan meluncurkan aplikasi RPP AGPAII digital.

Melalui aplikasi tersebut, guru dengan mudah menyusun RPP yang terbaru hanya dalam hitungan menit. Itu pun bisa di dikerjakan di mana pun guru berada, tidak harus di sekolah. Mengerjakan nya pun tidak harus menggunakan laptop atau komputer PC cukup menggunakan HP Android. Itu pun tidak harus mengetik dengan tangan tapi cukup dengan suara.

Hal tersebut ditegaskan oleh Hery Nugroho, MSI MSi, Sekretaris DPW AGPAII Jawa Tengah saat memberikan materi pemantapan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang diselenggarakan DPD AGPAII Kabupaten Blora di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, kemarin.

Lebih lanjut Hery menambahkan bahwa dalam aplikasi tersebut, bagi guru yang kesulitan dalam penyusunan RPP terbaru dapat melihat karya teman-teman guru PAI semua jenjang di seluruh Indonesia sebagai inspirasi dalam penyusunannya.

Sedangkan bagi guru yang mempunyai kelebihan lebih, bisa memberikan masukan atau saran untuk perbaikan penyusunan RPP. Sehingga dalam aplikasi tersebut bisa saling belajar antarguru.

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bermanfaat bagi pengawas PAI dalam supervisi RPP. Apalagi selama ini jangkauan pengawas pai dalam supervisi sangat luas. Sehingga pengawas bisa mensupervisi RPP guru binaannya di manapun berada.

Tidak hanya dalam hal penyusunan RPP, ke depan akan dikembangkan aplikasi penilaian, pengembangan bahan ajar, penyusunan penelitian tindakan kelas dan marketplace.

Menurut pengamatan Hery yang juga Mahasiswa Doktor Pendidikan Islam UIN Walisongo Semarang bahwa inovasi tersebut baru dilakukan oleh GPAI melalui wadah AGPAII. Hal ini menunjukkan bahwa Guru PAI sekarang terdepan dalam IT.

Dalam Rakerda tersebut dihadiri oleh Bapak Kepala Kantor Kementerian Agama Blora, Kabid GTK, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Ketua Pokjawas PAI, Ketua DPD AGPAII Blora, dan segenap pengurus DPD AGPAII Kabupaten Blora. St

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here