Dekan FK Unissula (kiri) saat menyerahkan ijazah kepada dokter baru. Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Profesi dokter masih diminati di kalangan anak muda. Maka, tidak heran, jika minat untuk masuk ke Fakultas Kedokteran (FK) juga tinggi.

Saat ini di Indonesia ada 91 FK (51 FK Swasta dan 40 FK Negeri). Dari 91 FK, 29 FK terakreditasi A (termasuk Unissula), 44 FK akreditasi B dan 18 FK akreditasi C. Animo masyarakat ingin jadi dokter masih sangat tinggi. Demikian dikatakan Dekan FK Unissula, Dr dr H Setya Trisnadi SH SpKF saat mengambil sumpah 38 dokter baru Program Profesi Dokter secara luring dan daring, Rabu (30/12/2020).

Lebih lanjut menurutnya, di FK Unissula, untuk Penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 lalu jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB) pendaftar mencapai 2.478 calon yang diterima 200.

Sedang tahun akademik 2021/2022 untuk pertengah tahun depan, lewat PSB Gelombang I pendaftar 600 yang diterima 16, selanjutnya akan dilanjutkan dengan jalur reguler yang total akan diterima sekitar 200 mahasiswa baru. ‘’Dokter masih diminati generasi muda meski persaingan masuk FK masih sangat ketat,” jelasnya.

Sumpah dokter diikuti  38 dokter baru. Sampai sumpah dokter  ke 116 Periode IV Tahun 2020, FK Unissula telah meluluskan 5.388 dokter yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri. Di antara para lulusan terdapat pula dr Fatika Puteri Rosyi Prabowo puteri Rektor Unissula Periode 2018-2020 Ir Prabowo Setiyawan MT PhD.

Sementara itu didampingi Wakil Dekan I FK Unissula dr H Hadi Sarosa MKes, Dekan Dr dr H Setya Trisnasi SH SpKF menyampaikan tiap tahun FK Unissula menerima 3 mahasiswa baru dari jalur hafal quran 30 juz dibiayai sampai lulus dan bantuan biaya studi tertentu bagi yang hafal 10 atau 15 juzz. Tiap 1 dokter sedikitnya memerlukan investasi Rp 1 Miliar per dokter. Unissula ingin mencetak dokter-dokter profesional yang berkarakter iman takwa dan menjadi generasi khoiru ummah.  

Sementara itu Rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD menyampaikan apresiasi pada FK yang telah berhasil meluluskan 38 dokter baru lewat uji kompetensi UKMPPD November 2020 lalu. Sebagai FK PTS tertua di Jateng (terakreditasi A), Unissula berusaha menjadi barometer FK-FK lain dalam riset dan pengembangan keilmuan, termasuk di bidang pencegahan dan penanganan Covid-19. She     

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here