Dua Warga Demak Positif COVID-19

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Wabah Corona Kabupaten Demak yang juga Sekda dr H Singgih Setyono didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak saat memberikan keterangan pers terkait warga positif covid 19. Foto: Jatengdaily.com/rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Dua warga Kabupaten Demak dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Masing-masing tercatat sebagai warga Desa Gemulak Kecamatan Sayung dan Kelurahan Bintoro Kecamatan Demak.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Wabah Covid 19 Kabupaten Demak dr H Singgih Setyono membenarkan adanya dua orang pasien dalam pengawasan (PDP) berstatus positif terinfeksi Covid-19. “Menurut hasil pemeriksaan swab terhadap PDP, dua di antaranya dinyatakan positif terpapar covid 19,” ujarnya, Selasa (7/4/2020).

Keduanya disebutkan baru pulang dari Jakarta. Seorang karena tugas, dan seorang lagi karena menengok keluarga.

Sehubungan itu sejumlah tindakan sesuai standar operasional prosedur disebutkan telah ditempuh. Antara lain melokalisasi tempat tinggal pasien dan lingkungan sekitarnya dengan penyemprotan disinfektan.

“Selain itu melakukan tracking orang-orang yang bersentuhan dengan pasien, serta melakukan rappid test terhadap keluarga pasien. Dan yang tak kalah penting tentunya mengisolasi pasien, dengan perawatan di rumah sakit,” imbuhnya.

Namun yang tak kalah penting, menurut Sekda Demak tersebut, melakukan karantina keluarga pasien yang telah terpapar, dilanjutkan dengan pengobatan. Di samping tetap mengedukasi sekaligus sosialisasi masyarakat sekitar agar benar-benar mematuhi instruksi pemerintah, tentang protap physical distancing untuk pencegahan penularan Covid-19.

Yakni selalu mencuci tangan dengan sabun setelah berkegiatan, tidak berada di kerumunan, dan tetap tinggal di rumah. Serta rutin berolahraga, berjemur, juga mengonsumsi makanan bergizi.

Terpisah, Lurah Bintoro Mujab mengatakan, pihaknya telah mengetahui bahwa salah satu warganya terindikasi sebagai PDP positif terinfeksi virus corona. Meski pun tidak mengetahui identitas pasien tersebut, namun imbauan, sosialisasi dan edukasi kepada warga Bintoro intensif dilakukan. Utamanya terkait protap pencegahan penularan Covid-19, termasuk di dalamnya instruksi physical distancing.

Sebagaimana data Gugus Tugas Penanggulangan Wabah Corona Kabupaten Demak, 400 lebih warga berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Selain itu dari 17 PDP ditemukan, 13 di antaranya sudah diperbolehkan pulang. Sedangkan empat sisanya masih dirawat. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here