Dukung Gerakan Literasi, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Donasi Buku ke Taman Baca

Mahasiswa KKN RDR Angkatan 75 UIN Walisongo Semarang, Shela Delfia Ramadhana menyerahkan buku donasi kepada Satri Purwita Pengelola Taman Baca Kodok Ngorek. Semarang, Selasa (13/10/2020). Foto: dok

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Mahasiswa KKN RDR Angkatan 75 UIN Walisongo Semarang, mendukung gerakan literasi selama pandemi dengan melakukan donasi buku ke Taman Baca Kodok Ngorek yang beralamat di Jalan Tanjung Sari 1B, Kecamatan Pedurungan Semarang, Selasa (13/10/2020).

Gerakan literasi merupakan kegiatan yang bertujuan meningkatkan kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Diharapkan juga dapat menambah koleksi buku yang ada di Taman Baca Kodok Ngorek, sehingga semakin menambah minat anak-anak untuk membaca buku tersebut.

Pada kegiatan tersebut setidaknya terdapat 45 judul buku yang didonasikan ke taman baca kodok ngorek. Buku-buku yang didonasikan terdiri atas kamus bahasa inggris anak-anak, komik sains, buku cerita rakyat, cerita islami, ensiklopedia, majalah, novel anak-anak dan lain-lain. Tidak hanya buku terdapat pula sempoa yang dapat memudahkan anak-anak dalam berhitung.

“Melalui kegiatan donasi buku selama pandemi diharapkan banyak anak sekolah yang sedang melaksanakan Study from Home (SFH) menyibukkan diri dengan kegiatan membaca ketimbang bermain gadget.”

Kegiatan donasi buku selama pandemi ini pun disambut dengan antusias oleh Satri Purwita selaku pengelola Taman Baca Kodok Ngorek.

“Selama pandemi berlangsung, kegiatan membaca di Taman Baca Kodok Ngorek tetap dilaksanakan pada sore hari meskipun banyak kegiatan yang ditunda pelaksanaanya seperti kegiatan mendongeng, lomba menggambar dan mewarnai,” ujar Satri Purwita.

Satri menambahkan bahwa kegiatan pertukaran budaya dengan mendatangkan mahasiswa asing ke Taman Baca Kodok Ngorek terpaksa ditunda hingga tahun depan. Ia berharap buku yang telah didonasikan semakin meningkatkan minat anak-anak untuk terus membaca. “Terimakasih, semoga bermanfaat dan ilmunya tidak terputus” tutupnya.
Penulis: Shela Delfia Ramadhana-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here