Enam Kota Venue Piala Dunia U-20 Diminta Siapkan Sektor Wisata

Stadion Manahan Solo, menjadi markas Bhayangkara Solo FC. Foto: yanuar

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Anggota Komisi X DPR RI, Yoyok Sukawi berharap enam kota yang menjadi venue Piala Dunia U 20, 2021 mendatang, bisa mempersiapkan konsep sport tourism di kota tersebut.

Seperti diketahui sport tourism merupakan kegiatan pariwisata yang bisa digabungkan dengan kegiatan olahraga. Diharapkan daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 diminta lebih giat menggenjot sektor pariwisata agar penonton yang hadir bisa menikmati sepak bola sambil berwisata.

“Selain infrastruktur Piala Dunia yang harus diperhatikan, saya sebagai anggota Komisi X menghimbau kepada daerah-daerah yang ditunjuk menjadi tuan rumah Piala Dunia untuk mempersiapkan sektor pariwisata. Jadi para penonton yang hadir bisa nonton bola sekaligus piknik,” ujar Yoyok Sukawi, Rabu (22/07/20).

“Istilahnya menggabungkan olahraga sama pariwisata. Kekayaan alam, budaya, serta kuliner di Indonesia begitu banyak dan itu harus dimanfaatkan ketika ada even internasional seperti Piala Dunia yang bisa jadi ajang mempromosikan pariwisata Indonesia,” tambah Yoyok yang juga CEO PSIS Semarang.

Seperti diketahui federasi PSSI sudah menetapkan enam kota Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 yaitu di Palembang, Jakarta, Bandung, Solo, Surabaya, dan Bali.

Hanya saja keputusan final soal tempat gelaran Piala Dunia U-20 akan ditentukan langsung oleh FIFA yang dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Indonesia. zia-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here