GAMES Ala Mahasiswa KKN UNDIP Ajak Anak Hadapi New Normal

0
98
GAMES atau Gerakan Anak Memakai Masker dilakukan mahasiswa KKN Undip terhadap anak-anak di Temanggung. Foto: dok

TEMANGGUNG (Jatengdaily.com) – Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Tim II Periode 2020 bertemakan KKN Pulang Kampung karena pandemi COVID-19, membuat mahasiswa UNDIP harus mengadakan pengabdian di wilayah desa tempat tinggal masing-masing.

Hal ini membuat Yekholia Maoureenth Priharjanto, salah satu mahasiswa KKN UNDIP yang berasal dari jurusan Ilmu Komunikasi merancang kegiatan bernama GAMES atau singkatan dari Gerakan Anak Memakai Masker.

Berlangsung pada Selasa (28/7/2020) kegiatan ini bertempat di pelataran mushola milik RT 04 RW 10 Parakan Wetan, Temanggung. Acara ini dimulai pukul 14.00 dengan mengajak delapan orang anak-anak untuk mengikuti sosialisasi kegiatan GAMES. Minimnya angka anak-anak yang diundang dikarenakan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah yang menganjurkan tidak membuat kerumunan, dan tak lupa antar anak-anak juga tetap diberi jarak.

Dimulai dengan pengenalan gerakan anti bullying untuk mengajarkan mereka lebih menerima dan memahami diri sendiri, tak lupa juga untuk menghargai orang lain dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa berdampak buruk di kehidupan mereka. Mengingat bullying menjadi salah satu hambatan kesuksesan mereka karena adanya jurang pembatas untuk saling berteman dan masih banyaknya kasus bullying yang ada di Indonesia.

Dilanjutkan dengan pengenalan kegiatan GAMES. Adapun materi yang disampaikan yaitu mengenai virus corona, cara mengantisipasi agar tidak terkena virus corona, cara penggunaan masker yang tepat dan durasi penggunaan masker kain.

Pada akhir kegiatan yang ada, anak-anak diajak untuk berkreasi di masker yang diberikan. Sebelum itu, mereka diajak untuk mencuci tangan yang benar selama 20 detik. Lalu mereka menggambar sebebas kreasi mereka, dengan menggunakan cat minyak dan kuas yang sudah disediakan.

Kurang lebih waktu dua jam dihabiskan anak-anak di hari itu untuk mengenal pentingnya penggunaan masker walaupun hanya keluar sebentar dari rumah mereka. Terlihat antusiasme dari mereka saat melakukan aktivitas, banyak canda tawa yang ada dan saling ingin tahu apa yang digambar oleh temannya.

Tak hanya itu saja, pada hari Kamis (30/7) dan Sabtu (1/8) telah dilakukan pembagian masker kepada anak-anak di wilayah RT 04 Panjangsari Baru. Pemberian poster kepada juga diberikan kepada orang tua anak-anak yang ada agar lebih memerhatikan bila sang anak keluar rumah harus sudah menggunakan masker.

“Harapannya kegiatan ini akan membuat anak-anak di wilayah RW 10 Panjangsari Baru terhindar dari virus corona dan bisa beraktivitas seperti layaknya normal. Terimakasih banyak untuk sosialisasi yang sudah ada ini” ungkap salah satu orang tua anak yang mengikuti kegiatan GAMES. Yekholia Maoureenth Priharjanto-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here