Giriroto, Desa Masa Kecil Ibunda Jokowi

0
163
Embung Giriroto yang dibangun di kampung leluhur Presiden Jokowi. Foto: yds

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Desa Giriroto, di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali memang dalam beberapa tahun terakhir menjadi perhatian banyak orang. Ini lantaran di desa tersebut dibangun sebuah bendungan atau embung Giriroto, yang menjadi jujukan wisata murah bagi warga Boyolali, Karanganyar maupun Kota Solo.

Dari sinilah, masyarakat juga semakin tahu sebuah desa yang merupakan kampung leluhur Presiden Joko Widodo. Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo lahir dan tumbuh di Desa Giriroto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali ini. Sementara ayah Jokowi, almarhum Notomiharjo menjalani masa muda dan sekolah di desa itu bersama kakek dan neneknya

Sudjiatmi lahir dari keluarga pedagang kayu di Dusun Gumukrejo, Desa Giriroto. Dia merupakan perempuan satu-satunya, dari tiga bersaudara dari Wirorejo dan Sani, yang dilahirkan pada 15 Februari 1943.

Perkenalan Sudjiatmi dengan Widjiatno, kawan sepermainan Mulyono, kakak Sujiatmi terjadi ketika Widjiatno di bangku SMA, sementara ia di SMP. Widjiatno, yang ketika dewasa mengubah nama menjadi Notomiharjo, yang kemudian menjadi suaminya.

Notomiharjo muda tinggal bersama kakek-neneknya di Dusun Klelesan, masih tetangga Gumukrejo. Orangtua Notomiharjo tinggal di Desa Kranggan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

Berbicara masalah desa Giriroto, memang belakangan desa ini ngehits di kalangan masyarakat khususnya anak muda. Selain menjadi lokasi yang instagramble, juga warga sering memanfaatkannya untuk lokasi memancing di akhir pekan.

Secara geografis desa ini sebenarnya tak terlalu jauh dengan Kota Solo. Berada di ujung timur Kabupaten Boyolali, yakni Kecamatan Ngemplak. Desa Giriroto, dikutip dari laman giriroto.desa.id, memiliki luas 286.556 hektare.

Memiliki batas wilayah di sebelah utara dengan Desa Jeron, Kecamatan Nogosari. Kemudian di sebelah selatan dengan Desa Kismoyoso Kecamatan Ngemplak Boyolali (tempat sekolah alamarhum Sudjiatmi Notomihardjo). Di sebelah barat berbatasan dengan Desa Manggung, Kecamatan Ngemplak.

Sedangkan di sebelah Timur, Desa Giriroto berbatasan dengan Desa Selokaton, Kabupaten Karanganyar. Di sinilah lokasi tempat pemakaman Sudjiatmi Notomihardjo.

Desa Giriroto awalnya berbentuk Kademangan dengan wilayah tiga kebayanan atau dusun, dan sembilan dukuh yang berfungsi sebagai kepanjangan tangan kepala desa atau demang. Pada tahun 1950-an luas wilayah Giriroto bertambah karena bekas perkebunan Belanda di sela-sela dukuh telah diambil warga desa setempat.

Jadi sebenarnya secara geografis antara Desa Giriroto Kabupaten Boyolali, Selokaton Kabupaten Karanganyar dan Kota Solo meskipun berbeda kabupaten/kota, namun berdekatan, karena merupakan daerah yang berbatasan. Jarak dari Solo ke Giriroto sekitar 13 kilometer dan dari Solo ke Selokaton sekitar 10 kilometer.

Seperti diketahui, Ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi Notomihardjo meninggal dunia pada Rabu (25/3/2020) sore setelah menderita sakit kanker sejak empat tahun silam. Jenazah akan dimakamkan di pemakaman keluarga hari ini jam 1 siang, di pemakaman di Mundu Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here