Hasil Rapimwil, PPP Jateng Bulat Usulkan Gus Yasin Calon Ketum PPP

Taj Yasin Maimoen. Foto: dok.humas provjateng

SEMARANG (Jatengdaily.com) – DPW PPP Jateng bulat mendukung Taj Yasin Maimoen sebagai calon Ketum PPP periode 2020-2025. Selanjutnya nama Wakil Gubernur Jateng tersebut akan diusulkan ke pusat untuk dipilih menjadi Ketum pada Muktamar PPP nanti.

Keputusan itu merupakan hasil dari Rapimwil DPW PPP yang diikuti DPC dari 35 kabupaten Kota di Jateng. Masing-masing DPC telah diberikan kesempatan untuk menyampaikan suara sesuai dengan dinamika masing-masing daerah.

“Ada sejumlah nama yang diusulkan, namun meski mengusulkan nama-nama lainnya namun nama Gus Yasin (Taj Yasin Maimoen) juga diusulkan. Sehingga mayoritas sudah mengusulkan Gus Yasin sebagai calon ketum PPP,” kata Abdul Aziz yang menjadi pimpinan Rapimwil yang digelar di Hotel Patra jasa Kota Semarang, Minggu (13/12/2020).

Pada saat Rapimwil, sejumlah nama muncul. Selain kader partai, nama-nama nonkader juga disebut. Seperti mantan Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno dan mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo. Namun nama-nama nonkader itu hanya minoritas.

Di akhir rapat, peserta Rapimwil menyepakati satu nama yang akan diusulkan pada DPP PPP untuk berkontestasi menjadi calon Ketum PPP. Semua sepakat nama Gus Yasin.

Selain itu Rapimwil juga memberikan rekomendasi agar muktamar nanti memegang prinsip demokrasi. Termasuk keinginan penguatan Majlis A’la.

Menanggapi dukungan itu, Gus Yasin menyampaikan beberapa hal. Pertama, keinginan DPC untuk penguatan Majlis A’la sudah sesuai dengan program prioritasnya jika nanti terpilih. Karena ia menginginkan PPP kembali ke ulama. Artinya peran ulama harus dikuatkan.

Kemudian ia akan memperhatikan suara DPC maupun DPW dalam penentuan calon legislatif dan calon kepala daerah pada Pileg maupun Pilkada. Lantaran DPC dan DPW lah yang mengetahui peta politik di wilayah setempat.

Sejauh ini, Gus Yasin sudah berkomunikasi dengan semua DPW PPP di Indonesia. “Dari 34 DPW, sudah 20 DPW yang konfirm insyallah mendukung dan mengarahkan (DPC). Tapi saya sampaikan jangan dipaksa,” ujarnya.

Jika nantinya terpilih ia juga kan menyampaikan pesan-pesan para tokoh PPP seperti Surya Dharma Ali dan Hamzah Haz.
“Saya ucapkan terima kasih pada teman-teman di Jateng yang telah mengusulkan saya jadi calon ketum. Jika nanti terpilih, itu bukan kemenangan saya tapi kemenangan kita bersama untuk PPP,” ucapnya. adri-yds