Jalur Pendakian Gunung Merbabu Dibuka Lagi

Gunung Merbabu. Foto: yds

BOYOLALI (Jatengdaily.com) – Jalur pendakian Gunung Merbabu kembali dibuka mulai hari, Sabtu (1/2/2020). Informasi tersebut disampaikan dengan surat pengumuman Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merbabu nomor PG.04/T.35/TU/EVLAP/01/2020 tertanggal 18 Januari 2020.

Selain itu di akun twitter Taman Nasional Merbabu juga mencuit “Hai #SobatMerbabu persiapkan diri, uang saku dan staminamu….. !!! terhitung mulai 1 Februari 2020 seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu akan dibuka kembali.”

Disebutkan dalam pengumuman tersebut, mempertimbangkan kesiapan lokasi di 5 (lima) jalur pendakian yang telah dilakukan perbaikan, pembersihan, pembenahan fasilitas dan penambahan papan informasi, maka terhitung mulai 1 Februari 2020 seluruh jalur pendakian Gunung Merbabu akan dibuka kembali.

Khusus untuk Jalur Pendakian Selo, pendaftaran pendaki harus melalui mekanisme booking online dengan alamat www.tngunungmerbabu.org pada menu Pendaftaran Online.

Para pendaki Gunung Merbabu dihimbau untuk menjaga kebersihan dengan membawa turun sampah selama mendaki dan mematuhi segara peraturan yang berlaku, termasuk SOP pendakian di jalur pendakian Gunung Merbabu.

Seperti diketahui beberapa biulan lalu jalur pendakian Gunung Merbabu ditutup karena adanya kebakaran hutan. Pasca kejadian kebakaran hutan, kondisi ikatan tanah bekas kebakaran belum stabil. Akibat kejadian angin kencang, terdapat pohon tumbang yang melintang di jalur pendakian. Mengawali musim penghujan, terdapat jalur pendakian yang tergerus air sehingga menimbulkan longsoran batu dan tanah.

Kondisi tersebut dapat membahayakan keselamatan pendaki. Dengan pertimbangan tersebut, jalur pendakian masih ditutup. Upaya penanganannya saat ini masih dilakukan dengan melakukan pembersihan jalur dari kayu tumbang, pembuatan trap, pembuatan sodetan air, dan penambahan papan informasi sebagai panduan para pendaki. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here