Jajaki Sinergi, RSKW Demak dan RGS Wonogiri Gelar Siaran Bersama

Kepala Dinkominfo Demak, Dra Endah Cahya Rini saat dialog bersama tim dari Radio Giri Swara yang dihadiri orang nomor satu di jajaran Kominfo Wonogiri, Heru Nur Iswantoro. Kedua belah pihak sepakat memperkuat jaringan dan sinergi yang lebih positif. Foto:ist

DEMAK (Jatengdaily.com) – Radio Suara Kota Wali (RSKW) Demak menjajaki sinergi dengan RGS (Radio Giri Swara) Wonogiri. Program tersebut menjadi salah satu agenda strategis Dinkominfo Demak yang menaungi RSKW. Manifestasi konkret sebagai upaya upgrade sekaligus revitalisasi radio kebangaan masyarakat Kota Wali itu adalah melalui dialog untuk menjajaki kerjasama lebih lanjut.

‘’Kunjungan kami ke sini (RGD-red) bukan merupakan visitasi biasa, tetapi ke depan diharapkan dapat terjalin sinergi yang kontruktif,’’ujar Dra Endah Cahya Rini, MM, Kepala Dinkominfo Demak yang memimpin langsung kunjungan tersebut, akhir pekan kemarin

Orang nomor satu di jajaran Kominfo Demak tersebut didampingi sejumlah punggawa Radio Suara Kota Wali, antara lain Bagus, Setiawan, Rudy W, juga personel anyar yang menjadi energi baru. ‘’Saya sengaja libatkan temen-temen dari awal, harapannya mereka akan dapat memahami visi ke depan yang lebih utuh, sekaligus memiliki sense of belonging,’’begitu ungkap Endah yang baru saja ikut andil dalam mengantarkan Demak mendapatkan anugerah Sp4an Lapor tingkat nasional dari Kemenpan RI.


Lebih spesifik diungkapkan wanita yang lama berkecimpung di kehumasan ini, memasuki era disrupsi media termasuk radio perlu kiat kiat khusus. Memperkuat jejaring dengan kualitas konten yang membumi tidak bisa tidak harus dilakukan. ‘’Target kami radio ini akan dapat menjadi lokomotif baru bagi Pemkab Demak yang secara kultural dan territorial potensinya cukup besar,’’imbuhnya. Jadi dialog serta membangun sinergi, seperti dengan Radio milik Pemkab Wonogiri memiliki makna yang cukup strategis.

Cross Media
Upaya lain yang juga kini sedang digodog sebagai bentuk konkret muntuk mengupgrade akselerasi program serta capain kinerja adalah dengan memformulasikan cross media link. Formula ini keluarannya adalah media tetap menjadi core, dengan radio, juga online dan medsos akan disinergikan action plannya.

‘’Faktor itulah mengapa kami pilih Wonogiri jadi mitra dialog karena secara geografis dan kultural, juga potensi ekonominya sangat memberi warna,’’lanjutnya.

Sambutan dari Kominfo Wonogiri juga jajaran Radio Giri Swara sangat positif. Kadin Kominfo Kabupaten Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, didampingi Ponco Hawarno Kabid Informasi Komunikasi Publik yang menerima kunjungan tersebut menyampaikan apresias khusus. ‘’Ini sungguh sebuah kehormatan, semoga sinergi juga optimalisasi dari banyak hal yang menjadi dialog dapat memberikan manfaat pada kedua belah pihak,’’ kata Heru ketika menyambut tim dari Demak tersebut.

Usai dialog dan sambung rasa yang berlangsung akrab penuh kehangatan dilanjutkan siaran bersama. Siaran langsung dipandu Kepala Studio, Kikin Rahayu untuk sapa pendengar Giri Swara. Dalam bincang siaran langsung tersebut RSKW diwakili oleh Rudy, Lulu, dan manager Radio Suara Kota Wali, Bagus Setiawan, mempromosikan wisata bahari dan kuliner khas Demak.

Topik yang dibawakan pada siaran bareng di RGS itu personel dari Radio Kota Wali Demak menghardirkan tiga sensasi wisata di Istambul Beach. Istambul Beacah merupaka destinasi wisata yang kini sedang digallakan, yakni meliputi wisaa susur hutan bakau dengan menaiki prahu, menikmati perjalanan di bawah rimbunan hutan mangrove dengan berjalanan kaki di track papan di sela-sela akar mangrove menuju pantai, dan di pantai dapat menikmati indahnya pantai Istambul Beach Demak.

Kemudian mereka membahas wisata kuliner yang lagi hits ialah Nasi Kropohan yang bentuk penyajiannya berupa nasi kuah daging kikil dan labu putih, Nasi Ndoreng dengan urap sayur-mayur dan kendo. Serta minuman berkhasiat menyehatkan badan, seperti Jamu Coro dan Wedang Pekak. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here