Jelang Pilwalkot, Sejumlah Parpol Mulai Bangun Koalisi

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Sejumlah partai politik kini sudah mulai memanaskan mesin politik menghadapi Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang tahun 2020 ini. Mereka, mulai berkomunikasi dan membangun koalisi.

Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, beberapa partai politik telah membangun koalisi, seperti Partai Nasdem dan Golkar menyatakan sikap untuk berkoalisi dengan PDIP menghadapi Pilwalkot 2020. Disusul, PKS juga mulai membuka silaturahmi dengan PDIP.

“Lalu, Demokrat dan PAN juga sudah, jauh sebelum tiga partai itu. Gerindra sudah melakukan komunikasi dari awal, itu langsung dihadiri DPPnya,” tambahnya.

Dikatakan Pilus, prediksi melawan kotak kosong pada Pilwakot pun cukup besar mengingat beberapa partai sudah mulai menyatakan untuk membangun koalisi.

“Seperti prediksi awal, potensi melawan kotak kosong memang cukup besar,” ucap Pilus, sapaan akrab Kadarlusman.

Menurutnya, menghadapi kotak kosong juga merupakan proses demokrasi yang diatur dalam undang-undang jika memang tidak ada calon lain. Jika hal itu terjadi, pihaknya pun akan tetap bekerja keras untuk menang mutlak dalam pesta demokrasi tahun ini.

“Kami fokus persiapan pilwakot 2020, supaya incumbent menang mutlak sesuai perolehan suara yang ditargetkan, paling tidak bisa diatas 70 persen,” katanya menyebutkan.

Kita diketahui, DPC PDIP Kota Semarang mengajukan rekomendasi petahana untuk berkontestasi dalam ajang Pilwakot 2020 nanti. Hingga kini DPC masih menunggu rekomendasi dari DPP PDIP.

Pilus menambahkan, konsolidasi tetap terus dilakukan. Pergerakan dan strategi juga harus tetap dipersiapkan. Jika rekomendasi turun, pihaknya akan langsung tancap gas menghadapi Pilwakot Semarang 2020.

Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Semarang telah memberikan dukungan untuk petahana Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (Hendi). Wachid mengatakan, sejak awal PAN memang tidak membuka penjaringan bakal calon. Pihaknya lebih mengarah ke petahana dan mengaku sudah berkomunikasi sejak lama.

“Waktu itu satu bulan yang lalu saya komunikasi dengan Mas Hendi dan Pak Pilus. PAN pertama yang memberikan dukungan Mas Hendi untuk maju lagi sebagai calon Wali Kota Semarang,” ujar Wachid.

Menurutnya, dari sisi peta politik, kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dibawah kepemimpinan Hendi sangat baik. Pembangunan yang dilakukan Pemkot cukup dirasakan langsung oleh masyarakat. Bahkan, sejumlah penghargaan pun diraih oleh Pemkot Semarang hingga tingkat internasional.

“Pemerintahan dibawah Mas Hendi luar biasa, bahkan penghargaan sampai internasional sebagai Kota terbersih. Dari skala politik menurut saya tidak ada masalah,” ungkapnya.

Wachid menambahkan, pertemuan dengan PDIP beberapa waktu lalu merupakan pernyataan pemberian dukungan. Nanti, setelah resmi mendapatkan rekomendasi dari DPP, pihaknya secara resmi akan kembali bertemu untuk mendukung petahana.

“DPP secara resmi belum memberikan rekom, tapi saya sudah komunikasi dengan ketua umum terkait hal ini,” ucapnya. Ugl–st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here