Wakil Waikota Tegal menyiapkan pembagian sembako bagi warga Tegal jelang PSBB. Foto: jatengprov.go.id

TEGAL (Jatengdaily.com)– Pemerintah Kota Tegal mulai membagikan bantuan sembako kepada warganya yang terdampak Covid-19, hari ini. Bantuan sembako tersebut ditargetkan selesai sebelum pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Tegal pada 23 April 2020.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, mengatakan hal tersebut saat tinjauan ke Balai Kelurahan Slerok untuk mengecek sembako yang akan didistribusikan kepada warga pada Minggu (19/4/2020). Jumadi memastikan, bantuan terus didistribusikan agar bisa segera diterima oleh semua warga.

“Jadi sebelum PSBB dilaksanakan, kita pastikan dulu masyarakat sudah mendapatkan bantuan sembako. Artinya pada saat PSBB dilaksanakan, masyarakat sudah tidak perlu lagi keluar untuk membeli sembako,” paparnya, seperti dikutip dari jatengprov.co.id

Berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ada sekitar 14.111 kepala keluarga miskin di Kota Tegal. Selain itu, juga ada sebanyak 2.254 paket untuk pedagang di Pantai Alam Indah, Muarareja, Pulau Kodok, Batamsari, PKL, penyapu jalan, tukang parkir, penjaga makam, dan nelayan.

Proses pendistribusian bantuan juga telah disusun secara rapi dan tertib. Agar tidak menimbulkan kerumunan dan keramaian, Pemkot Tegal menyalurkan langsung sampai ke rumah warga. Bahkan melibatkan angkutan kota dan pengayuh becak dalam pengantaran.

“Hal itu dilakukan untuk mempermudah penyaluran bantuan terutama bagi masyarakat yang berada di perkampungan dan gang-gang kecil,” terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono menuturkan, pelaksanaan PSBB akan berlangsung selama 14 hari mulai 23 April mendatang. Namun direncanakan akan mengajukan kembali perpanjangan pemberlakuan PSBB sampai satu bulan, dan berakhir pada 23 Mei mendatang.

“Bantuan yang disalurkan ini untuk meringankan beban warga selama pelaksanaan PSBB. Ini upaya untuk menanggulangi Covid-19,” ujarnya saat peluncuran pembagian bantuan di halaman Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Senin (20/4).

Untuk itu, ia meminta warga untuk mentaati aturan tidak keluar rumah selama PSBB. Selain itu, semua pihak bisa membantu kelancaran pelaksanaan PSBB tersebut.

“Jika hanya Pemkot Tegal saja yang menangani pelaksanaan PSBB tanpa ada bantuan dari TNI, POLRI, masyarakat dan semua pihak, maka mustahil PSBB ini bisa berjalan dengan lancar. Harapannya tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kota Tegal,” tutur Dedy.

Kepala Dinas Sosial Kota Tegal yang mendampingi wali kota, Dyah Kemala Shinta, menyampaikan waktu penyaluran bantuan akan dilaksanakan selama tiga kali, yaitu pada April, Mei, dan Juni 2020 mendatang. Bantuan akan dibagikan setiap tanggal 15 sampai 20 di setiap bulannya.

“Paket sembako tersebut berisi, lima kilogram beras, satu kaleng sarden, enam bungkus mi instan, satu pak teh, satu botol kecap, dan susu kental manis,” ungkapnya. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here