in

Keluhkan Nasib, Puluhan Driver Ojek Online Sambangi Kantor PKS Kota Tegal

Puluhan ojol mengeluhkan nasibnya, menyusul Isolasi Kota Tegal akibat Corona. Foto: Jatengdaily.com/wing

TEGAL (Jatengdaily.com)- Puluhan driver dari salah satu komunitas ojol (ojek online) Tegal menyambangi kantor DPD PKS Kota Tegal. Ketua Komunitas Ojol Tegal Muhammad Slamet Sulistyo menceritakan dari sekian banyak nama yang dihubungi, hanya PKS yang merespon cepat tentang keluhan driver ojol.

“Hanya PKS yang bisa cepat merespon permohonan kami. Saya berharap PKS bisa menjadi jembatan kepada pemkot, agar kami menjadi salah satu sasaran penerima bantuan,” katanya.

Ia mengisahkan pendapatan driver ojol paska kebijakan isolasi wilayah di Kota Tegal menurun drastis. Sulistyo menjelaskan pendapatan harian sebagai sopir ojek online paska banyak jalan yang ditutup, rata-rata hanya 1-3 orderan. “Dapat tiga orderan saja sudah bagus. Ya, hanya cukup untuk makan, belum bensin. Yang menyedihkan adalah, ada yang malah seharian tidak dapat orderan, kami bahkan sampai bingung kalau pulang tidak bawa uang,” ungkap Sulis.

Sulistyo melanjutkan, harapan itu muncul setelah pihaknya mengetahui tentang rencana Pemkot yang telah menyiapkan anggaran senilai Rp 27,5 Miliar. Dari anggaran itu angaran untuk Jaring Pengaman Sosial sekitar Rp 9,7 Miliar. Hanya saja, tambah Sulistyo, dari daftar penerima, komunitas driver ojek online tidak termasuk dalam sasaran Jaring Pengaman Sosial.

“Melalui pertemuan dengan PKS ia berharap Pemkot bisa memasukkan kami sebagai salah satu penerima karena setiap hari menggantungkan penghasilannya di Kota Tegal,” katanya.

Alasan ini ia ungkapkan karena selama ini pihaknya sudah bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Tegal yang memercayakan layanan antar Kartu Keluarga, KTP, dan Akta Kelahiran. “Harapan kami di tengah pandemi ini, Pemkot juga ada perhatian terhadap kami Pembatasan akses jalan, membuat pendapatan kami jadi terbatas, kami berharap dari Pemkot ada solusi,” kata Sulistyo.

Ketua DPD PKS Kota Tegal Amiruddin Lc menyampaikan turut prihatin dan mendoakan agar kondisi sulit ini tidak berlarut-larut. Ia juga menghimbau kepada komunitas ojol, di tengah kondisi yang serba sulit ini, barangkali bisa berpikir mencari alternatif pekerjaan lain yang dapat menambah pendapatan selama kondisi ini waktunya belum memungkinkan.

Yang kedua, dari DPD PKS Kota Tegal siap memfasilitasi agar pihak pemerintah kota dan juga penyedia layanan transportasi online untuk memberikan perhatian kepada para driver online. “Aspirasi mereka ini menurut kami wajar, tapi di sini dituntut bagaimana peran pemerintah bisa peduli sama rakyat kecil. Banyak warga yang terbantu dengan ojol ini. Ketika mereka sedang kesusahan, semoga kita bisa ikut meringankan beban mereka juga, terlebih lagi kepada Pemkot Tegal. Insya Allah aspirasi ini nanti kami sampaikan,,” ungkap Amir.

Pada kesempatan itu, kepada puluhan driver ojol yang hadir, PKS kota Tegal sempat memberikan oleh-oleh berupa paket masker, hand sanitizer, dan suplemen kesehatan agar mereka punya stamina yang lebih ketika di jalan. wing-she

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Melalui Teleconference, Bupati Pemalang Lantik 349 PNS

Masker Patung Obor, Simbolisasi Kampanye Gerakan Lawan Covid-19