Tanaman yang diberi pupuk dari olahan limbah popok bayi, hasil karya mahasiswa KKN IBN. Foto: Wing

TEGAL (Jatengdaily.com) – Bertempat di Balaidesa Debong Wetan, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal melaksanakan pelatihan pengolahan limbah popok menjadi media tanam. Pelatihan ini dilaksanakan pada Minggu 2 Februari 2020. Maksud pelatihan ini adalah ambil bagian dalam menangani sampah yang menjadi masalah bersama.

Sebagaimana diketahui, popok bayi menjadi kebutuhan rumah tangga dalam merawat bayi hingga balita. Volume limbahnya otomatis selaras dengan penggunaanya. Masalah muncul karena limbah popok bayi merupakan sampah yang susah diuraikan.

Kepala Desa Debong Wetan, Tarsalim menyambut baik kegiatan ini. “Pelatihan ini sangat bermanfaat dalam menangani masalah sampah di desa kami”, tuturnya.

Dalam pelatihan ini dipandu oleh Miftahul Huda, aktifis penanganan masalah sampah lulusan Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro (Undip). Pelatihan yang diikuti warga, RT, PKK ini mempraktikkan mengolah limbah popok menjadi media tanam. “Media tanam ini langsung bisa ditanam. Tiga minggu ke depan kita bisa lihat pertumbuhan tanaman”, terang Huda.

Sementara itu, Zaki Mubarok selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan kegiatan ini sebagai implementasi ajaran agama terkait kebersihan. “Banyak cara untuk praktik ibadah, bukan teori saja. Termasuk menggunakan sampah ini. Diolah agar bersih dan bermanfaat”, pungkasnya. Wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here