Liverpool vs MU, Adu Tangguh Virgil-Maguire

0
129
Virgil-Maguire. Foto: twitter

LIVERPOOL (Jatengdaily.com) – Laga sarat gengsi Premier League tersaji antara Liverpool kontra Manchester United (MU) di Stadion Anfield, Minggu (19/1/2020) malam WIB. Laga ini bakal disiarkan langsung TVRI pukul 23.00 WIB.

Liverpool lebih diunggulkan dalam laga ini, sebagai pemuncak klasemen dengan 61 poin. Liverpool unggul 14 poin dari Manchester City pesaingnya di posisi kedua, dan masih punya sisa satu laga lebih banyak. Sedangkan MU sendiri masih berada di posisi 5 dengan 34 poin.

Namun perlu diingat, bahwa MU menatap laga ini dengan catatan rekor sebagai tim yang paling sering menaklukkan Liverpool di ajang Liga Inggris sejak era Premier League. Liverpool tercatat 28 kali dikalahkan oleh MU sejak era premier league dimulai pada 1992/1993. Catatan 28 kekalahan itu delapan kali lebih banyak dibandingkan kekalahan yang diderita Liverpool dari tim lain.

Sang pelatih Liverpool Jurgen Klopp pun juga membawa rekor kurang kinclong saat timnya berhadapan dengan MU. Jurgen Klopp punya rasio kemenangan hanya 20 persen. Dalam 10 laga yang dijalani Klopp menghadapi MU, Klopp hanya memetik dua kemenangan. Delapan laga tersisa berakhir dengan catatan enam hasil imbang dan dua kekalahan.

Meski demikian, MU sudah sekian lama tak bisa mengalahkan Liverpool. Terakhir, MU meraih kemenangan 1-0 di Anfield pada 2016, MU tidak lagi mampu meraih kemenangan dalam empat laga tandang ke Anfield. Namun MU setidaknya jadi satu-satunya tim yang mampu mencuri poin dari Liverpool musim ini, yakni menahan imbang Liverpool dengan skor 1-1 di Old Trafford.

Virgil vs Maguire
Yang menjadi sorotan dalam laga ini selain catatan kemenangan kedua tim, juga publik akan memelototi dua bek termahal di kedua tim ini. Liverpool dengan Virgil van Dijk sedangkan MU dengan Harry Maguire-nya.

Van Dijk jadi pemain termahal setelah direkrut Liverpool dari Southampton pada bursa transfer Januari musim 2017/2018 dengan harga 84,65 juta euro atau setara Rp1,2 triliun. Pembelian The Reds tersebut memecahkan rekor transfer milik Benjamin Mendy yang didatangkan Manchester City dari AS Monaco dengan harga 57,5 juta Euro pada awal musim 2017/2018.

Sedangkan Harry Maguire memecahkan rekor transfer tersebut setelah diboyong MU ke Old Trafford dari Leicester City. MU membayar Maguire melebih harga Van Dijk, yaitu 87 juta euro (sekitar Rp1,32 triliun) untuk kontrak enam tahun hingga 2025. Dengan dana sebesar itu MU menjadikan Maguire sebagai bek termahal dunia saat ini.

Hingga saat ini statistik menunjukkan Virgil van Dijk lebih cemerlang dibandingkan Maguire. Musim pertamanya bersama Liverpool, Van Dijk memiliki persentase kemenangan 50 persen, tujuh kali menang dalam 14 pertandingan. Maguire hanya memiliki 40,9 persen kemenangan di Liga Inggris musim ini. Dari 22 pertandingan, MU hanya sembilan kali menang bersama Maguire.

Maguire sendiri saat ini secara resmi didapuk sebagai kapten MU setelah Ashley Young dikabarkan akan hengkang ke Inter Milan. Namun yang jelas pembuktian ketangguhan antara van Dijk dan Maguire, akan kita saksikan dalam laga Minggu malam. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here