Mahasiswa KKN UIN Walisongo Bimbing Warga Bikin Jamu Empon-empon

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengadakan pelatihan pembuatan jamu empon-empon di desa Tridonorejo, Demak. Foto: dok

DEMAK (Jatengdaily.com) – Mahasiswa KKN RDR UIN Walisongo Semarang menggelar pelatihan pembuatan jamu empon-empon di Desa Tridonorejo, Kabupaten Demak (19/10/2020). Kegiatan tersebut diikuti oleh ibu-ibu setempat yang penasaran akan pembuatan jamu ini.

“Diadakannya pelatihan pembuatan jamu empon-empon ini bertujuan supaya ibu-ibu bisa membuat jamu empon-empon di rumah masing-masing sehingga dapat membantu meningkatkan imunitas diri dan keluarga” ujar Muabidin, Koordinator Kelompok 27 KKN RDR UIN Walisongo.

Muabidin mengatakan, bahwa akhir-akhir ini jenis tanaman empon-empon telah banyak diperbincangkan, karena khasiatnya yang sudah lama dipercaya. Di antaranya dapat meningkatkan kondisi kesehatan seseorang, terutama dalam menjaga sistem imunitas tubuh.

Kegiatan pelatihan ini mendapatkan respon positif dari warga setempat. “Pelatihannya sangat bermanfaat, dapat menambah pengetahuan dan wawasan mengenai cara pembuatan jamu empon-empon, dan pas sekali dengan masa pandemi saat ini karena bisa meningkatkan imunitas tubuh,” kata Musyafaatun, warga yang mengikuti pelatihan.

Selama kegiatan pelatihan ini, anggota tim KKN RDR UIN Walisongo memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan pemakaian handsanitizer.

Kegiatan pelatihan ini diharapkan dapet bermanfaat dalam menambah wawasan dan pengetahuan untuk ibu-ibu setempat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Penulis: Yunita Kurnia Rahman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here