Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo didampingi Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, berkunjung ke Jepara. Foto: adri

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menyatakan budi daya udang jerbung, dan kepiting di Kabupaten Jepara sangat besar. Namun persoalan menjadi ketidak cukupan permasalahan  benih dan indukan.

“Dari semua permasalahan pembudidayaan yang saya tangkap, utamanya itu kurangnya benih dan indukan,” kata Edhy Prabowo saat kunjungan di Jepara, Kamis (30/1/2020).

Dia mengungkapkan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara bisa memproduksi 20 juta benih udang. Dimana 12 juta di antaranya merupakan hasil dari indukan yang bukan dari tangkapan di alam.

“Jadi sektor budidaya udang punya peluang besar menopang perekonomian nasional dan menciptakan lapangan kerja baru. Kita tingkatkan produktivitas udang jerbung, dan udang putih secara masif,” ungkapnya.

BPBAP Jepara sendiri saat ini punya 30 ribu indukan udang jerbung. Maka dari itu, kata Edy meningkatkan agar bisa memenuhi kebutuhan pembudidaya di Indonesia.

“Kita rencana memberikan benih secara gratis ke masyarakat bila stok benih sudah melimpah,” jelasnya.

Potensi produksi mampu memenuhi kebutuhan pasar. Jauh tidak kalah penting, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan membantu kebutuhan budi daya masyarakat itu sendiri.

“Makanya di sini peran negara kita perbanyak benihnya, serahkan mereka untuk membudi dayanya, perbanyak fasilitas. Bila perlu semua gratis, yang penting mereka bisa berusaha. Dan saya yakin pertumbuhan (produktivitas) nasional meningkat,” terangnya.

Sedangkan potensi produksi yang dihasilkan di Kabupaten Jepara, diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan membantu kebutuhan budi daya masyarakat itu sendiri.

“Makanya di sini peran negara kita perbanyak benihnya, serahkan mereka untuk membudi dayanya. Bila perlu semua gratis, yang penting mereka bisa berusaha,” tuturnya.

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin mengatakan budidaya udang di tiga kabupaten kota Jateng diantaranya Jepara, Pemalang dan Brebes dinilai sangat bagus.

“Pembudidayaan udang lokal jerbung itu sudah bagus. Kami dorong untuk tingkatkan lagi,” tutup Taj Yasin. Adri-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here