Mulai Maret, KA Bandara Adi Soemarmo Berbayar

Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang rencananya akan diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Jokowi akhir bulan ini. Foto: yds

SOLO (Jatengdaily.com) – Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo Surakarta, direncanakan akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) 29 Februari 2020. Setelah diresmikan, KA Bandara Solo bakal mulai berbayar dan rutenya juga akan diperpanjang.

Rute semula KA ini adalah Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo sejauh 12,97 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Mulai bulan Maret rute diperpanjang hingga Stasiun Klaten sejauh 43 kilometer ditempuh 61 menit.

Pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersama PT KAI, Selasa (11/2/2020) melakukan uji coba perpanjangan rute tersebut. “Sore ini kami rapatkan untuk evaluasi, harapannya dapat masukan banyak terkait perpanjangan rute ini,” kata Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan RI Danto Restyawan di sela uji coba.

Dijelaskan, uji coba dilakukan selama dua hari untuk kemudian dievaluasi. Ini sekaligus sebagai persiapan pengoperasian dan peresmian oleh Presiden Joko Widodo. Evaluasi juga dilakukan untuk menentukan tarif, yang dianggap layak dan wajar untuk para penumpang. Mengingat karena rute sampai Klaten, maka kemungkinan ada tarif subsidi.

Dari rute Stasiun Klaten hingga Bandara Adi Soemarmo, kereta dengan kapasitas sekitar 250 penumpang tersebut akan berhenti di setiap stasiun, di antaranya Stasiun Purwosari, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Kadipiro.

Ke depannya, dimungkinkan jumlah armada KA Bandara akan ditambah. Ini dimaksudkan untuk meminimalisasi waktu tunggu para penumpang.

KA Bandara Adi Soemarmo Solo seperti diketahui mulai diluncurkan Minggu (29/12/2019). Pengoperasian dilakukan dengan soft launching oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Adi Soemarmo. Sejak diluncurkan, KA Bandara melayani penumpang secara gratis selama dua bulan dan berakhir pada bulan Maret 2020.

Animo penumpang KA Bandara Solo selama uji coba dua bulan sangat tinggi. Kebanyakan warga memanfaatkannya untuk berwisata gratis, dengan menumpang KA dari Stasiun Solo Balapan-Bandara Adi Soemarmo pulang pergi. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here