PDAM Demak Targetkan 3.650 Sambungan Baru

Dirut PDAM Kabupaten Demak H Qumarul Huda didampingi istri yang juga Ketua DWP PDAM Kabupaten Demak Hj Siti Rohyati Huda saat menyemangati para peserta lomba memasak olahan mi oleh pasutri karyawan antar cabang. Foto: rie

DEMAK (Jatengdaily.com) – Memperingati HUT ke-42, PDAM Kabupaten Demak menargetkan pemasangan 3.650 sambungan baru. Selain berorientasi peningkatan kontribusi PAD pada 2020, dimaksudkan pula sebagai bagian upaya meningkatkan pelayanan publik.

Di sela kegiatan lomba rangkaian HUT Ke-42 PDAM helat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perumda Air Minum Kabupaten Demak, Direktur Utama PDAM Kabupaten Demak H Qumarul Huda mengungkapkan, sejumlah program kerja telah diagendakan dalam rangka menaikan cakupan layanan. Termasuk di dalamnya penambahan jaringan dan sambungan rumah, yang pada tahun ini ditarget sebanyak 3.650 sambungan baru.

“Optimistis kami pada 2020 ini PDAM akan menambah jumlah pelanggan dari 52.500 pada 2019 menjadi 57.000-an pelanggan. Tambahan jaringan sebanyak kurang lebih 3.650 sambungan rumah itu meliputi 2.100 sambungan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), dan 1.550 sambungan reguler,” ujarnya, Rabu (5/2/2020).

Dengan naiknya cakupan layanan tersebut, diyakini mampu mencapai target PAD pada 2020 senilai Rp 1,550 miliar. Atau naik sebesar Rp 500 juta dari semula Rp 1,057 miliar pada 2019.

Menurutnya, selain menambah sambungan baru atau pelanggan, peningkatan produksi pun optimis diraih dengan meminimalkan NRW atau kehilangan air. Yakni dengan menangani jaringan, yakni penggantian jaringan distribusi utama (JDU).

Disebutkan, pengendalian NRW dilakukan dengan mengganti jaringan lama yang dipasang pada era 1970an. Di samping penguatan aliran serta pelebaran atau perbesaran jaringan di bagian hulu. “Ketika bagian hulu telah lebar, optimis tekanan distribusi air cukup dan merata ke semua pelanggan. Termasuk tercukupinya pasokan untuk 3.650 sambungan baru,” kata dia.

Merayakan HUT Ke-42 PDAM Kabupaten Demak pun, DWP kembali menyelenggarakan berbagai lomba yang diharapkan bisa meningkatkan silaturahmi dan semangat para istri mendukung kinerja suami. Aneka lomba tersebut adalah memasak olahan mi berpasangan (suami-istri), lomba saling merayu dengan berbalas pantun untuk pasutri, lomba yel-yel antarcabang PDAM, fashion show ‘big beauty’, serta menyanyi lagu-lagu Didi Kempot khusus anggota DWP.

Ketua DWP PDAM Kabupaten Demak Ny Hj Siti Rohyati Huda menambahkan, istri kini tak lagi sebatas ‘kanca wingking’. Melainkan harus mampu berjalan sejajar dan seiring, tanpa harus meninggalkan kodratnya senagai wanita. rie-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here