Peduli Tenaga Medis, Porinti Jateng Donasikan Ribuan Masker Kepada 24 Rumah Sakit

Anggota Porinti yang juga Direktur PT Marimas, Haryanto Halim menyampaikan bantuan masker kepada perwakilan dari RS William Booth. Foto:st

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (Porinti) Paguyuban Tionghoa Semarang dan Perkumpulan Pengusaha Indonesia Tionghoa (Perpit) Jateng untuk ketiga kalinya melakukan gerakan kemanusiaan peduli penanganan Covid-19, dengan mendonasikan ribuan masker khusus tenaga medis kepada 24 rumah sakit di Semarang dan sekitarnya, Sabtu (18/07/2020), siang.

Penyerahan bantuan dilakukan di Yayasan Mitra Setia Jl. Ki Mangunsarkoro.  Setiawan Santoso selaku Ketua Porinti mengatakan Paguyuban Tionghoa Semarang setidaknya telah melakukan donasi kepada sejumlah RS. Bantuan berupa 10.000 pcs masker N95 dan 100.000 pcs masker medis tersebut diharapkan bisa membantu kepada tenaga medis yang bertugas di garda terdepan dalam memerangi Covid-19 di sejumlah sakit.

“Tujuan kami memberikan masker ini adalah untuk melindungi tenaga medis yang selama ini berada di garis depan penanganan Covid di setiap rumah sakit – rumah sakit,” katanya.

Setiawan mengungkapkan bahwa dalam 3 – 4 bulan belakangan ini masyarakat Tionghoa juga memberi bantuan baik melalui Pemkot Semarang ataupun langsung kepada masyarakat, seperti bantuan sembako, disinfektan, hingga hand zanitizer.

”Kita masih prihatin karena sampai saat ini soal Covid-19 belum terkontrol baik, kita mengimbau bagi masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah. Pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, dan kita mengajak masyarakat untuk bisa disiplin,” katanya.

Adapun rumah sakit yang menerima donasi masker tersebut di antaranya RS Dr Kariadi, RS Wongso Negoro, RS Telogorejo, RS Elisabeth, RS Tugurejo, RS Sultan Agung, RS Columbia Asia, RS William Booth, RS Panti Wilasa Dr Cipto dan Citarum.

Selain itu RS Permata Medika, RS Wira Tamtama, RS Bhayangkara, RS Roemani, RS Pelita Anugerah, RS Bunda, RS Banyumanik. Lalu RS Islam NU Demak, RS Charlie Hospital, RS Hermina, Puskesmas Tegowanu Grobogan, Fakultas Kedokteran Undip, RS Dr Amino Gondohutomo. Sedangkan RS di luar kota Semarang seperti RS Muhammadiyah Darul Istiqomah Kendal. st