Presiden di Peringatan HPN: Negara Butuh Pers

Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Pers Nasional di Banjarmasin. Foto: twitter Setkab

BANJARMASIN (Jatengdaily.com) – Presiden RI Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Banjarbaru, Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (8/2/2020).

Presiden Joko Widodo mengatakan, negara membutuhkan kehadiran pers dalam perspektif yang benar, baik sebagai pilar keempat demokrasi maupun peran besarnya menjaga situasi bangsa dan negara agar tetap kondusif.

“Pers sebagai pilar demokrasi keempat diharapkan bisa memberikan informasi bagi masyarakat menjadi penangkal hoaks hingga menjaga suasana kondusif bangsa,” kata Jokowi.

Presiden mengaku kapok jika tidak hadir di peringatan Hari Pers Nasional 2020. “Saya kapok jika nggak hadir di acara HPN, wartawan teman saya sehari-hari,” kata Jokowi.

Meski sedang dalam agenda kenegaraan di sejumlah daerah, Jokowi tetap menyempatkan diri hadir di Banjarmasin. “Tadi dalam perjalanan ke Canberra, saya membelokkan ke Banjarmasin demi menghadiri Hari Pers Nasional,” katanya.

Presiden mengatakan kemanapun pergi, yang selalu ikut adalah para wartawan. Bahkan kadang menterinya tidak ikut, justru wartawan yang mengawal. “Yang mengejar saya sehari-hari, yang menghadang saya sehari-hari adalah insan pers,” katanya.

Kadang sebagai Presiden ia gugup saat bertemu wartawan, terkait pertanyaan yang dilontarkan oleh kuli tinta, bahkan ada informasi yang belum ia ketahui dari bawahannya. “Jadi kadang saya jadi gugup dan gagap, karena tidak siap dengan pertanyaan yang disampaikan wartawan,” katanya. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here