Presiden salat Idul Adha di Halaman Istana Bogor. Foto: setneg

JAKARTA (Jatengdaily.com)– Idul Adha 1441 H tahun ini, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana bersama putra bungsu mereka, Kaesang Pangarep, melaksanakan salat Idul Adha di halaman kediaman, Wisma Bayurini, kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat pagi, (31/7/2020).

Bertindak selaku khatib dan imam dalam pelaksanaan salat Iduladha ini adalah Ketua DKM Masjid Baitussalam Istana Kepresidenan Bogor, Muhammadun.

Muhammadun yang sehari-harinya bertugas sebagai anggota tim pengamanan internal Istana Kepresidenan Bogor juga menyampaikan khotbah Id dengan tema “Berkorban Ialah Pesan Kehidupan Nabi Ibrahim”.

Dalam khotbahnya, Muhammadun menyampaikan pesan bahwa berkorban merupakan pesan yang didapat dari kehidupan Nabi Ibrahim. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu dari pesan dan ajaran Nabi Ibrahim tersebut.

Selain itu, khatib juga menganjurkan untuk terus menjalin silaturahmi di mana berkurban dalam hari raya Iduladha merupakan salah satu jalan untuk tetap menyambung tali silaturahmi tersebut.

“Dengan berkurban dan bersedekah kita bagikan daging kurban kepada fakir miskin, sanak saudara, tetangga, dan teman kerabat agar kita bisa sambung silaturahmi karena silaturahmi akan memperbanyak saudara, menambah rezeki, dan memperpanjang umur yang berkah,” tuturnya, dikutip dari laman presiden.

Pelaksanaan salat dilakukan dengan menjaga jarak antarjemaah dan menjalankan protokol kesehatan lainnya secara ketat.

Tampak beberapa perangkat melekat turut serta dalam salat Iduladha tersebut, antara lain Komandan Grup A Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Kolonel Inf. Achiruddin, Ajudan Presiden Kolonel Inf. Rudy Saladin, serta Asisten Ajudan Presiden AKP Syarif Muhammad Fitriansyah.

Setelah selesai melaksanakan salat sekitar pukul 06.55 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi beserta Kaesang Pangarep kembali ke Wisma Bayurini.

Serahkan Sapi

Sebelumnya, pada Presiden Joko Widodo menyerahkan hewan kurban untuk disembelih pada Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah kepada panitia di Masjid Istiqlal, Jakarta, pada Kamis (30/7/2020). Penyerahan hewan kurban secara simbolis dilakukan oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden dan Wakil Presiden.

“Saya secara khusus menyerahkan kepada Bapak Imam Besar untuk hewan kurban ini disembelih dan dibagikan dagingnya kepada mereka yang berhak,” kata Menteri Agama.

Pada Iduladha tahun ini yang diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19, Menteri Agama berpesan agar daging hewan kurban dibagikan sebanyak-banyaknya kepada fakir miskin dan yang membutuhkan.

“Kita selalu berpesan kepada seluruh umat Indonesia yang berkurban bahwa dagingnya, karena memang situasi kita seperti ini, hendaknya sebanyak-banyaknya diberikan kepada fakir miskin atau kepada mereka yang terdampak Covid-19,” jelasnya.

“Kita berterima kasih kepada Bapak Presiden yang dalam situasi Covid-19 ini berkenan untuk menitipkan kurbannya di Masjid Istiqlal yang kita banggakan ini,” imbuhnya.

Untuk diketahui, hewan kurban Presiden yang diserahkan di Masjid Istiqlal adalah sapi berjenis peranakan ongole. Sapi ini berasal dari Tulang Bawang, Lampung, dan memiliki bobot 1.088 kilogram. Selain di Masjid Istiqlal, Presiden juga berkurban di banyak tempat.

Turut hadir dalam acara penyerahan hewan kurban tersebut antara lain Imam Besar Masjid Istiqlal K.H. Nasaruddin Umar dan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid. she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here