Ribuan Warga Berbaur Rayakan Malam Tahun Baru Imlek di Solo

Perayaan Malam Tahun Baru Imlek di Solo terpusat di kawasan Pasar Gede dengan ribuan pengunjung. Foto: yds

SOLO (Jatengdaily.com) – Perayaan Malam Tahun Imlek 2571 di Kota Solo berlangsung meriah. Ribuah orang berbaur memadati kawasan Pasar Gede yang menjadi pusat perayaan.

Mulai dari Jalan Jenderal Sudirman, halaman Balai Kota Solo, depan Pasar Gede hingga Jalan Urip Sumoharjo dipadati warga yang juga datang berbagai kota. Bahkan kepadatan ini berlangsung mulai dari Jumat (24/1/2020) malam hingga Sabtu (25/1/2020) dinihari.

Dua panggung digelar sebagai hiburan masyarakat, yakni di halaman Balai Kota dan sekitar Pasar Gede Solo. Kedua panggung tersebut menampilkan pertunjukkan seni dan musik.

Dua panggung tersebut dimaksudkan agar kepadatan pengunjung tak terkonsentrasi di satu tempat saja. Kedua panggung menampilkan pertunjukan mulai dari barongsai, liong, Tari Gambyong Retno Kusumo, wushu, Tari Asmarandhana, Tarian Jurus Kipas , serta band pelajar membawakan lagu kebangsaan dan dolanan.

Namun kepadatan warga selain di sekitar lokasi panggung, juga terjadi di sekitar pemasangan lampion. Khususnya di Jembatan Pasar Gede hingga Tugu Jam. Dua titik ini menjadi objek favorit pengunjung untuk selfie atau foto bersama.

Seperti diketahui sejak pukul 18.00 WIB kawasan Pasar Gede ditutup untuk lalu lintas kendaraan. Pihak Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta dan aparat kepolisian mengalihkan jalur lalu lintas, mengingat kawasan Pasar Gede padat dengan pengunjung yang memeriahkan perayaan malam Tahun Baru imlek tersebut.

Pihak Polres Kota Surakarta menurunkan sebanyak 201 personel ditambah anggota TNI dan instansi terkait sebagai langkah antisipasi pengamanan dalam acara perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2571 di kawasan Pasar Gede hingga Gladag Solo. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here