Sektor Pariwisata Jadi Basis Ekonomi Baru

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Pengembangan sektor pariwisata, harus menjadi perhatian Pemprov Jawa Tengah. Sebab, sektor ini kian bertumbuh, sehingga dapat menjadi basis ekonomi baru.

“Imbasnya adalah mampu memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan mengurangi kemiskinan dan pengangguran,” ujar anggota Komisi B DPRD Jateng Muklis, Senin (24/2).

Menurutnya, sektor pariwisata di Jawa Tengah jika bisa digarap dengan baik, akan menjadi peluang yang sangat tinggi. Dia menyebutkan, pada kuartal II/2019 yang lalu, PDRB Jateng mencapai 5,62% dengan nilai Rp248,81 triliun.

“Kontribusi sektor penyediaan akomodasi, makanan, dan minuman sebesar Rp9,07 triliun, atau 3,64% dari sektor pariwisata,” kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Meskipun masih terbilang minim, pertumbuhan sektor penyediaan akomodasi makanan dan minuman mencapai 19,4% year on year. Angka itu tertinggi dibandingkan sektor lainnya.

“Dengan demikian, potensi kontribusi sektor pariwisata dan sektor pendukungnya cenderung bertumbuh lebih cepat,” sebut Wakil Ketua DPC PKB Purbalingga ini.

Saat reses di Desa Limbasari, Kecamatan Bobotasari, Kabupaten Purbalingga beberapa waktu lalu, Muklis menyatakan sejumlah desa sudah berupaya melakukan inovasi, termasuk dalam pengelolaan desa wisata.

“Di Desa Limbasari Purbalingga sendiri mempunyai wisata alam berupa hutan Patra Wisa. Ini bisa menjadi objek wisata desa yang patut dikembangkan dengan baik, karena dari hari ke hari wisatawan terus bertambah,” terangnya.

Selain itu, kata Muklis, inovasi desa diharapkan dapat mengkonservasi lingkungan, dan melestarikan kehidupan alam dan memajukan kesejahteraan penduduk setempat.

“Pengembangannya juga diutamakan dilakukan oleh masyarakat dengan tradisi dan budaya lokal dengan menjunjung kearifan lokal masing-masing,” jelas anggota DPRD Jateng dari daerah Pemilihan X (Purbalingga, Kebumen, dan Banjanegara) ini.

Atas dasar itu, dirinya berharap Pemerintah daerah dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah benar benar memberikan skema dan perhatian serius terhadap pengelolaan pariswisata di daerah.

“Kami berharap ditahun tahun mendatang sektor pariwisata di Jawa Tengah akan semakin memberikan kontribusi yang semakin besar sehingga memberikan dampak kesejahteraan dan kualitas ekonomi yang semakin besar kepada masyarakat sekitar,” tandasnya. st