Ular yang ditangkap warga Jalan Sumodirjo RT 02/ RW 03, Kelurahan Kemandungan, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Foto: wing

TEGAL (Jatengdaily.com)– Sejumlah warga Jalan Sumodirjo RT 02/ RW 03, Kelurahan Kemandungan, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal digemparkan dengan penangkapan ular sanca di Kali Siwareng, Senin (17/2/2020) siang.

Ular dengan panjang kurang lebih 4 meter tersebut pertama kali diketahui warga tiga minggu yang lalu. Dimana ular tersebut kerap berseliweran di sungai yang berdekatan dengan pemukiman.

Diduga lapar, ular yang memiliki nama latin alayopython reticulatus itu kerap menampakkan diri. Bahkan, beberapa waktu lalu warga memergoki ular tengah melata di dekat mushala setempat.

“Kemungkinan terseret aliran sungai, karena semalam banjir akibat hujan sejak Minggu sore. Memang ular ini sudah sering mondar-mandir. Tadi subuh jam 03.30 WIB baru ditangkap,” kata Ketua RW 03, Agung Jatmiko.

Lurah Kemandungan, Imam Surokhim menyampaikan, kepada warga diharap meningkatkan kewaspadaan terhadap hewan melata di puncak musim penghujan.

Terlebih, selain ular, pihaknya menerima laporan warga setempat yang mengaku sering melihat biawak dengan ukuran cukup besar di Kali Siwareng.

“Terima kasih kepada warga yang sigap melakukan penangkapan. Sebab, jika tidak ditangkap khawatir akan merugikan,” pungkasnya. wing-she

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here