Tanggul-tanggul Jebol Diperbaiki Sementara

Penutupan tanggul jebol di Desa Sunggingwarno, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati. Foto: dok. BPBD Prov Jateng

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Hujan intensitas tinggi di wilayah Demak, Grobogan, Pati dan sekitarnya mengakibatkan sejumlah tanggul jebol. Dampak jebolnya tanggul membuat sejumlah daerah tersebut banjir.

Mengantisipasi meluasnya banjir, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng bekerja sama dengan BPBD daerah setempat melakukan perbaikan tanggul-tanggul tersebut.

Di antara tanggul tersebut yakni Tanggul Sungai Tuntang yang melintas di daerah Guntur Kabupaten Demak jebol pada Kamis (9/1/2020). Akibatnya sejumlah permukiman di sekitar aliran sungai banjir dan sekitar 1.200 warga Demak harus mengungsi. Kemudian tanggul jebol juga terjadi di Kabupaten Pati, tepatnya di Kecamatan Dukuhseti pada Jumat (10/1/2020).

Kapala BPBD Jateng, Sudaryanto mengatakan, pasca banjir akibat tanggul jebol, tindakan BPBD selain melakukan evakuasi terhadap masyarakat khususnya di Demak, kami juga langsung berupaya menutup tanggul-tanggul yang jebol.

Perbaikan tanggul tersebut dibantu aparat TNI/Polri, relawan dan masyarakat. Tanggul-tanggul yang jebol itu ditutup dengan karung plastik berisi pasir.

Perbaikan tanggul ini, menurutnya, bersifat sementara sebagai tindakan darurat bencana. Diharapkan ini bisa menahan limpasan air dari tanggul tersebut. Selanjutnya akan dilakukan perbaikan secara permanen. yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here