Tangkal Covid-19, Sejumlah Puskesmas dan Bidan Dibantu APD

Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Semarang Dian Kartika Rini (kaos putih) berikan bantuan APD. Foto: Ist

UNGARAN (Jatengdaily.com) – Tersebarnya virus covid 19 memantik keprihatinan berbagai pihak. Anggota Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Semarang, Dian Kartika Rini memberikan bantuan alat pelindung diri (APD), sejumlah masker dan lainnya untuk tenaga medis.

Rini mengatakan, bantuan APD diberikan ke puskesmas di sejumlah kecamatan Kabupaten Semarang. Dia mengaku, memberikan ke puskesmas karena mereka merupakan garda terdepan kesehatan di masyarakat.

“Puskesmas itu, dekat dengan warga. Jadi, saya memang ingin bantu yang langsung bersentuhan dengan masyarakat,” kata Rini di Semarang, belum lama ini.

Politikus perempuan Partai Gerindra itu mengakui, APD diberikan ke Puskesmas Kecamatan Banyubiru, Puskesmas Kecamatan Ambarawa, Puskesmas Kecamatan Bawen, Klinik Larizma Husada, Puskesmas Kecamatan Tuntang, Klinik Syarifa, dan bidan – bidan di Kabupaten Semarang.

“Saya ingin mereka semangat bantu masyarakat dan dibarengi dengan APD berstandar WHO. Jadi, mereka juga aman dalam melayani masyarakat, karena menggunakan lengkap APD,’’ bebernya.  

Apalagi, kata dia, di Jateng, kondisi sekarang ini tenaga medis sangat memerlukan bantuan APD. Sebab, kasus Covid-19 angkanya terus meningkat, sehingga memerlukan alat kesehatan lebih.

Berdasarkan data terkini kasus positif Covid-19 di kabupaten Semarang ada 16 kasus. Dua orang dirawat, 11 jiwa sembuh, dan tiga orang meninggal dunia. Sementara, orang dalam pemantauan (ODP) ada 42 jiwa, sembuh/selesai masa pemantauan 14 Hari 588, total kumulatif ada 630 orang.

Sedangkan, pasien dalam pengawasan (PDP) ada 10 orang, hasil laboratorium Covid-19 negatif ada 27 jiwa. Kemudian, masih dirawat dan menunggu hasil laboratorium 10 orang, meninggal 11 orang, dan total kumulatif ada 48 orang.

“Saya mengajak kepada masyarakat, Kabupaten Semarang, mengikuti anjuran pemerintah untuk menjaga jarak. Jangan keluar rumah jika tidak penting banget. Saya akan sekuat tenaga, untuk membantu penanganan Covid-19 di Kabupaten Semarang

Dia menilai, dalam mengatasi Covid-19 perlu sinergitas semua pihak. Terkait dengan perkembangan informasi penanganan juga bisa lebih transparan. “Kalau ada kepastian tentang kondisi yang sebenarnya, maka masyarakat akan lebih waspada dan berhati-hati,” kata Rini. 

“Saya akan membagikan berdasarkan prioritas. Yaitu, puskesmas, bidan, dan warga yang berhak menerimanya,” tambahnya.

Rini menambahkan, pihaknya berharap Covid- 19 segera berlalu sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas secara normal. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here