Teater Lingkar Tetap Berkarya di Tengah Pandemi COVID-19

0
85
Pentas Teater Lingkar di Gedung Radjawali Semarang Cultural Centre (RSCC), Jalan Piere Tendean, Semarang. Foto: ist

SEMARANG (Jatengdaily.com) – Teater Lingkar Semarang kembali mementaskan karyanya di tengah pandemi COVID -19 yang belum reda hingga saat ini.

Dengan lakon ” Orang Kasar” karya Anton Chekov adaptasi WS Rendra, teater tertua di Semarang ini menggelar pementasan di Gedung Radjawali Semarang Cultural Centre (RSCC), Jalan Piere Tendean, Semarang, Minggu (28/6/2020).

Mengutamakan protokol kesehatan, pementasan ini juga disiarkan secara live streaming You Tube.

Sutradara Maston Lingkar mengatakan ada pesan moral dari pertunjukkan teater yang sudah berdiri sejak 1980 ini. Dari perilaku yang kasar lama lama akan luluh dengan cinta dan kasih sayang.

“Jangan sampai kita tak pentas karena tuntutan naskah. Jangan sampai kita tak pentas, karena tuntutan setting. Jalan apa adanya, yang terpenting penonton kita tahu dengan setting dan simbol yang kita sajikan dan terhibur. Jadi kita jangan takut untuk pentas, kalau mau pentas, ya , pentas saja, ” kata Maston.

Dikisahkan janda Nyonya Murtopo yang diperankan Niken Ardhana Reswari memiliki banyak hutang pasca meninggalnya sang suami.

Hidup Nyonya Murtopo yang selama ini tenang akhirnya terganggu dengan datangnya penagih utang Baitul Bilal yang diperankan sangat ciamik oleh Sindhunata Gesit Widiharto.

Muncul konflik dan pertikaian di antara dua manusia ini. Kata kata dan perilaku kasar selalu dilontarkan Bilal kepada janda tersebut. Hingga akhirnya Bilal tersentuh hati kecilnya dan jatuh cinta kepada Nyonya Murtopo. zia-yds

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here