Tim KKN Undip Berdayakan Pemuda Genjot Potensi Wisata Desa Kedawung

Tim KKN Undip berfoto bersama para pemuda Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang. Foto:dok

BATANG (Jatengdaily.com)  – Desa Kedawung, salah satu desa di Kabupaten Batang dengan berbagai keindahan alamnya yang sangat memukau. Namun, tanpa adanya peran dan sentuhan tangan terampil para pemuda, keindahan alam ini akan terkikis oleh zaman.

Melihat potensi desa yang amat besar ini, kelima mahasiswa dan dosen Universitas Diponegoro Semarang yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata di Desa Kedawung, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang berinisiatif untuk memberdayakan pemuda untuk meningkatkan pariwisata melalui media sosial.

Media sosial saat ini telah menjadi pilar informasi yang universal sehingga seluruh informasi yang terkirim akan mencapai sasaran di seluruh penjuru dunia. Di sinilah muncul gagasan untuk memberdayakan para pemuda dalam promosi Desa Kedawung melalui media sosial. Acara ini dilakukan selama dua hari pada akhir Januari 2020 lalu.

Sosialisasi dilakukan oleh Ragil Saputra mengenai teknologi media sosial dan Satriyo Adhy menyampaikan materi Konten kreatif kekinian untuk menunjang pariwisata. Selain itu juga dilakukan bersih-bersih Pantai Celong sebagai upaya meningkatkan daya jual dari pantai Celong sendiri.

Kegiatan itu diharapkan akan berdampak pada kemajuan wisata yang bersih dan indah nantinya akan membuat wisatawan betah dan ingin kembali lagi di lain waktu. Setelah bersih-bersih pantai dilakukan sampah organik yang didapat kemudian dijadikan pupuk kompos.

Bersih-bersih pantai ini didasari oleh pengolahan sampah di daerah Desa Kedawung yang seringdibakarsehinggamenambahpolusiudara, sehingga diberikan contoh pembuatan kompos agar masyarakat dapat memanfaatkan sampah organik yang ada di sekitar. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here