in

Undip Berikan Diskon sampai Pembebasan UKT untuk Ribuan Mahasiswanya

ilustrasi. Foto: jdc

SEMARANG (Jatengdaily.com)- Sebagai bentuk kepedulian Universitas Diponegoro (Undip)  terhadap kondisi bangsa serta ekonomi masyarakat sebagai akibat dampak COVID-19, Undip telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan penyesuaian Uang Kuliah Tunggal (UK).

Wakil Rektor II Prof Dr rer nat Heru Susanto ST MM MT mengatakan, kebijakan ini diatur dalam berbagai regulasi yang diterbitkan, penyesuaian UKT bagi mahasiswa Undip dapat meliputi, pembebasan, diskon pembayaran, penurunan golongan, penundaan pembayaran dan pengangsuran pembayaran.

Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam membayar UKT dapat mengajukan penyesuaian UKT ke fakultas masing-masing.

‘’Proses penyesuaian UKT dilakukan dengan menganalisis dan mengklarifikasi atas data dan informasi yang disampaikan mahasiswa pemohon secara hati-hati agar dapat memberikan akses bagi mahasiswa di satu sisi dan tidak merugikan keuangan negara di sisi yang lain,’’ jelasnya, Selasa (11/8/2020).  

Per tanggal 7 Agustus 2020, Undip telah menyesuaikan UKT sebanyak 1.020 mahasiswa terdampak COVID-19 dengan pembebasan atau penurunan golongan. Penyesuaian ini diperuntukkan bagi mahasiswa dimana orang tua/pihak yang membiayai mengalami penurunan pendapatan akibat COVID-19.

Penyesuaian UKT ini bersifat sementara untuk satu semester dan dapat ditinjau kembali untuk semester selanjutnya. Sebanyak 1.735 mahasiswa juga telah diturunkan golongan UKT-nya secara tetap sampai mahasiswa tersebut lulus. Penyesuaian ini diperuntukkan bagi mahasiswa dimana orang tua/pihak yang membiayai mengalami penurunan pendapatan yang bersifat permanen. 

Pembebasan 100% atau diskon UKT sebesar 50% juga telah dilakukan Undip kepada Mahasiswa Tingkat Akhir yang terhambat dalam menyelesaikan tugas akhirnya karena Pandemi COVID-19. Sebanyak 96,5% (696 mahasiswa) disetujui permohonannya oleh Undip dalam kasus ini.  Lebih lanjut Undip telah menyetujui hampir 6000 mahasiswa yang mengajukan penundaan pembayaran UKT.

Tidak cukup sampai di sini, Undip juga memberikan perpanjangan waktu bagi para mahasiswa yang secara ekonomi terdampak COVID-19 untuk mendapatkan penyesuaian golongan UKT Semester Gasal 2020/2021 sampai dengan tanggal 12 Agustus 2020. Ketentuan yang ada dalam Peraturan Mendikbud 25 Tahun 2020 juga telah diimplementasikan di Undip.

Selain penyesuaian UKT, bentuk kepedulian Undip juga ditunjukkan dengan pemberian bantuan biaya hidup, bahan makanan pokok, subsidi kuota internet juga telah dilakukan. Bahkan subsidi kuota internet  akan diberikan kepada semua mahasiswa untuk Semester Gasal 2020/2021 ini.  Semua ini dilakukan Undip sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. She

Written by Jatengdaily.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Perlu Kampanye Nasional Penggunaan Masker

LPPM ITB Semarang Rekonfirmasi Data Anak Tidak Sekolah di Brebes