Untag Gandeng Pelindo III Kerja Sama Mahasiswa Magang Bersertifikat

0
69
Rektor Untag Prof Suparno, bersama pimpinan Perguruan Tinggi se Indonesia menandatangani naskah kerja sama dengan Pelindo lll, disaksikan Direktur FHCI Sofyan Rohidi, di Surabaya. Foto:ist

SURABAYA (Jatengdaily.com) – Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Semarang menjalin kerja sama Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB) dengan PT Pelabuhan Indonesia lll (Pelindo lll) Surabaya yang bergerak di bidang jasa pelabuhan.

Kerja sama itu dituangkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU), di Surabaya, belum lama ini.

Adapun penandatanganan kerja sama dari pihak Untag dilakukan oleh Rektor Prof Dr Drs Suparno MSi. Secara keseluruhan ada 23 Perguruan Tinggi se-Indonesia yang ikut menandatangani kerja sama tersebut dengan pihak Pelindo lll. Kegiatan itu juga dihadiri 229 mahasiswa peserta, baik peserta bact 2 tahun 2019 yang berakhir kontraknya, maupun dari peserta bact 1 tahun 2020 yang akan memulai magang di Pelindo lll.

Rektor Untag Semarangi, mewakili semua perguruan tinggi yang hadir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pelindo lll yang telah menjalankan program magang ini dengan baik dan sukses. Hal itu dapat dilihat dari jumlah pesertanya yang terus meningkat dari tahun ke tahun, di mana pada bact 2 tahun 2019 berjumlah 100 mahasiswa, kini pada bact 1 tahun 2020 telah meningkat menjadi 129 mahasiswa.

Rektor Untag Prof Suparno berfoto bersama usai menandatangani MoU di Surabaya. Foto:ist

Menurutnya, keberhasilan ini tentunya juga tidak lepas dari peran aktif dari pihak Forum Human Capital (FHCI) selaku penggagas program magang bersertifikat ini.

Pada kesempatan itu, Prof Suparno juga berpesan kepada para mahasiswa peserta magang agar selalu menjaga kompetensi, komitmen, integritas dan repusasi, jadi program ini jangan hanya untuk diri sendiri, namun mahasiswa juga membawa reputasi dan nama baik lembaga masing masing.

Direktur Komersial dan Operasional Pelindo lll Putut Sri Mujianto menyambut baik kegiatan ini, dan mengatakan bahwa program magang ini merupakan kegiatan yang positif, dimana bagi mahasiswa akan meningkatkan dalam dunia kerja, sedangkan bagi perguruan tinggi  merupakan  salah satu cara untuk meningkatkan program studi dalam peningkatan akreditasinya. Jadi ini akan bermanfaat bagi semuanya. katanya.

Sementara Direktur FHCI Sofyan Rohidi menyampaikan bahwa program PMMB ini merupakan implementasi nyata bagi pengelola dan praktisi manajemen Human Capital di lingkungan BUMN dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa di seluruh Indonesia.

Melalui program pemagangan di BUMN ini diharapkan terciptanya SDM unggul, serta terdapat link and match kurikulum pendidikan di Perguruan Tinggi dapat selaras dan sejalur dengan kebutuhan kompetensi di BUMN.

Wakil Rektor bidang kerja sama Untag, Prof Dr Retno Mawarini SH MHum yang ikut hadir di sana, menyampaikan bahwa pada tahun 2020 ini Untag berhasil mendapatkan 16 mahasiswa untuk mengikuti program magang selama enam bulan yang ditempatkan di berbagai BUMN, yaiti di PT Pertamina PT Waskita Karya, BTN, BRI, BNI, Perum Damri dan Pelindo lll.

”Melalui program ini dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul, dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga dapat membangun bangsa dan negara dalam menghadapi ketatnya persaingan global, ” tuturnya. st

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here